Kamis, 29 Desember 2011

PAPUA


PAPUA

Papua merupakan provinsi terluas di Indonesia setelah Kalimantan dan Sumatera. Luas wilayah provinsi Papua adalah 317. 062 (Km2). Jika dibandingkan dengan wilayah Republik Indonesia, maka luas wilayah Provinsi Papua merupakan 19,33 persen dari luas Negara Indonesia yang mencapai 1.890.754 (Km2).  Letak geografis Papua terletak pada posisi  0°19’-10°43’ LS dan 130°45’-141° BT.  Provinsi Papua  berbatasan dengan :
Sebelah Utara                      : Samudera Fasifik/Pacific Ocean
Sebelah Selatan                   : Laut Arafura/Arafura Sea
Sebelah Barat                      : Provinsi Papua Barat
Sebelah Timur                     : Papua New Guinea
Sesuai dengan bentuknya yang memanjang dan perbedaan lebarnya, papua dapat dibagi atas:
a.       Semenanjung barat atau kepala burung yang dihubungkan dengan leher yang sempit dengan pulau utama.
b.      Pulau utama (tubuh).
c.       Bagian timur (terrmasuk bagian ekor), batas antara wilayah Indonesia dengan Papua Nugini ada pada bagian tubuh tepatnya 141° BT.

Deskripsi Rupa Muka Bumi Papua

1.      Jalur Pantai Utara Papua
Berupa pegunungan vulkanik dari pulau Batanta dan bagian utara P. Salawati ke sepanjang pantai utara kepalaburung yang antara lain terdiri atas pegunungan Tamrau (lebar 40km) dengan puncaknya gunung Kwoka 3000m’ dan pegunungan Arfak dengan puncak tingginya gunung umsini 2666m yang merupakan gunung berapi.

2.      Jalur Depresi
Berada disepanjang sisi selatan jalur pantai utara. Berawal dari kota sorong,depresi ini mengarah ketimur melalui dataran Warsamson sampai ke ransiki di pantai barat teluk cendrawasih. Setelah itu depresi berlanjut dan melebar sebagai dasar teluk cendrawasih  (-1672m), lalu muncul di pantai timur terus ke danau Rombebai (hilir sungai memberano) dan sepanjang tepi darat pantai utara sampai danau sentani (selatan peg. Cyclops)sampai ketepi selatan dan utara  jalur vulkanik di  papua timur.
3.      Jalur pegunungan Non-Vulkanik
Berada di sepanjang sisi selatan depresi dengan gunung Togwomori (2680m) sebagai puncaknya disemenanjung kepala burung. Mengarah ketenggara berupa pegunungan Lina, peg. Mesikeri ditanah  genting antara kepala burung dan semenanjung Bomberai bertemu dengan pulau Runberpon, pulau Mioswar, pulau Roon, peg. Wondiwoi dengan puncak gunung Wondiwoi 2234m disemenanjung wondiwoi.terus ketanah genting di sebelah selatan tel. cendrawasih melalui danau Yamur. Untuk selanjutnya jalur ini mengarah ketimur laut sampai puncak Dom 1340m, lalu ke peg. Van Rees dan setelah menyberangi batas wilayah Indonesia sampai ke muara sungai sempik, lalu terbenam kebawah endapan alluvial sungai dan muncul lagi disisi timur sungai Ramu.

4.      Jalur Dataran rendah dan berawa
Terletak diselatan jalur peg. Non vulkanik. Bermula dari bentangn antara bagian selatan P. salawati dan pantai utara  P. Misool, jalur dataran rendah tersebut mengarah ketimur dan tenggara menyeberangi teluk Bintuni kebagian tengah semenanjung Bomberai, dan bagian selatan tanah genting disebelah elatan tel. Cendrawasih. Di bagian tubuh papua, sepanjang lanjutan peg. Doom adalah depresi Tariku Tariyu (dua anak sungai Membrano) yang bersambungan dengan sungai sepik dan ramu. Depresi Tariku-taritatu dan dataran rendah di bagian selatan kepala burung dibatasi oleh peg dom dan peg. Kobore (ujung barat peg. Sudirman).

5.      Jalur Pegunungan  Salju
Terletak diselatan jalur  depresi  Tariku-taritatu samapai sungai sepik. Salju dan es menutupi puncak dan pegunungan yang mencapai 4800m. di wilayah Indonesia lebar pgunungan salju mencapai 150km, sedangkan di Papua Nugini 200-300km. Bagian barat peg. Salju diwilayah Indonesia dinamai peg. Sudirman, di bagian timur dinamai pegunungan Jayawijaya. Pegunungan Sudirman terdiri dari pegunungan Kowbore(Weyland) dan peg. Tijo(Charles Lours). Gunung dan Puncak di Provinsi Papua yang berada di deretan pegunungan tersebut adalah :
Puncak Jaya (5.030 m), Puncak Trikora (4.750 m), Puncak Yamin (4.595 m), Puncak Mandala (4.700 m), dan puncak Pilimsit (4.880m).


6.      Depresi Digul-Fly
Terbentang di selatan jalur peg. Salju depresi ini merupakan kelanjutan dari depresi dibagian kepala burung, lebarnya 200-300km. dibagian selatan depresiini mencakup peraiaran laut dari kepulauan aru ke pulau Dolak,datran hilir sungai digul dan sungai Fly, serta dasar laut antara ekor papua dan pantai timur Australia.

7.      Pematang Misool-fakfak-Adi dan lanjutan Pematang aru-Merauke merupakan rupa muka bumi papua yang paling selatan. P Misool, bagian barat daya semenanjung Bomberai, kep. Aru, P. Dolak, dataran berawa dari ilir sungai Merauke sampai hilir sungai Fly berada pada pematang ini.




Dibuat oleh;
Nama               : Lailah Rahmi
Nim                 : 2009 133 357
Kelas               : 5i
email; laylarahmi@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar