Rabu, 28 Desember 2011

RELIEF DARATAN PULAU PAPUA

Pulau papua adalah sebuah negar a yang terletak di bagian timur dan berbatasan darat dengan propinsi  papua disebelah barat. Papua Nugini adalah salah satu negara yang paling bhineka di bumi, dengan lebih dari 850 bahasa lokal asli dan sekurang-kurangnya sama banyaknya dengan komunitas-komunitas kecil yang dimiliki, dengan populasi yang tidak lebih dari 6 juta jiwa. Papua nugini juga salah satu negara yang paling luas wilayah perkampungannya, dengan hanya 18% penduduknya menetap di pusat-pusat perkotaan. Negara ini adalah salah satu negara  yang paling sedikit di jelajahi, secara budaya maupun geografis, dan banyak jenis tumbuhan dan binatang yang belum ditemukan diduga ada dipedalaman papua nugini.
Sebagian besar penduduk menetap didalam masyarakat tradisional dan menjalankan sistem pertanian sederhana yang hanya ditujukan untuk memenuhi  kebutuhan sendiri.
Geoegrafi negara Papua beragam dan dibeberapa sangat kasar.  Sebuah barisan pegunungan memanjang di pulau papua, membentuk daerah dataran tinggi yang padat penduduk. Hutan hujan yang padat dapat di temukan di dataran rendah dan daerah pantai. Rupa bumi yang sedemikian telah membuatnya menjadi sulit bagi pemerintah untuk mengembangkan infrastuktur transportasi. Di beberapa daerah, pesawat terbang adalah satu-satunya modus transportasi.
Papua adalah negara terluas ke-54 di dunia.  Papua sebagian besar bergunung-gunung (puncak tertingginya adalah Gunung Wilhelm setinggi  4.509 meter dan  14.793 kaki) dan sebagian besarnya di tutupi hutan hujan tropis, seperti halnya juga wilayah lahan basah yanh sangat luas disekitarn sungai Sepik dan Fly. Papua dikelilingi oleh terumbu karang yang turut memeliharanya.
Negara ini terletak di cincin Api Pasifik. Pada titik tumbukan beberapa lempeng tektonik terdapat sejumlah gunung berapi yang aktif, dan ledakan gunung itu sangatlah sering. Gempa bumi cukup lazim terjadi,kadang-kadang disertai tsunami.
Papua adalah salah satu dari sedikit kawasan yang dekat dengan khatulistiwa yang mengalami hujan salju,yang hadir di titik-titk tertinggi di daratan utamanya.
Secara Geologi, pulau Papua adalah perluasan utara dari Lempeng Indo-Australia , memventuk bagian massa daratan tunggal Australia – Papua ( juga disebut sahul atau Meganesia ). Pulau Papua terhubung dengan ruas Australia oleh sebuah paparan benua yang dangkal melintasi selat Torres, yang pada zaman lampau merupakan sebuah land bridge khususnya pada Zaman es ketika permukaan laut lebih rendah daripada zaman sekarang.
hutan  hijau papua berhadapan dengan pemandangan yang kontras yaitu gurun pasir di Australia. Akibatnya, banyak spesies burung dan mamalia yang ditemukan di Pulau Papua memiliki pranala genetik yang dekat dengan spesies yang berpadanan di Australia.
Karena Lempeng Indo – Australia ( yang meliputi anak benua India , Australia, dan lantai Samudera Indonesia di antara kedua – duanya ) membujur ke utara, ia bertumbukan dengan Lempeng Eurasia, dan tumbukan kedua-dua lempeng itu menimbulkan Pegunungan Himalaya.  Kepulauan Indonesia dan pegunungan Tengah Pulau Papua. Pegunungan Tengah lebih muda dan lebih tinggi daripada pegunungan di Australia, sehingga ia menjadi gletser khatulistiwa yang langka. Pulau Papua adalah bagian dari zona tropika yang lembap, dan banyak tumbuhan hutan hujan Indomalaya tumbuh lebat melintasi selat-selat yang sempit dari Asia, bercampur dengan flora Australia dan Antartika.
Papua terdapat jalur pegunungan,yaitu :
1.       Jalur pegunungan yang arahnya sejajar dengan pantai utara dan kepala burung Papua dan bersifat vulkanis.
2.       Jalur pegunungan yang merupakan sumbu utama dari pulau Papua di mana terletak deretan pegunungan yang tertinggi di Indonesia  sehingga puncaknya selalu tertutup salju abadi. Di antara puncak – puncak ini ialah Puncak Jaya ( 5030 m ), Trikora ( 4750 m ), Yamin ( 4530 m ), dan puncak Mandala ( 4700 m ).

Di antara Jalur Pegunungan tersebut terdapat dataran tertinggi ,dataran rendah,dan lembah-lembah antara pegunungan. Misalnya, lembah Membramo – Bewani yang terletak di sebelah selatan pegunungan Cyclops, lembah antara sungai Idenburg ( Taritatu ) dan sungai Sepik, Lembah Digulgfly.
Di sebelah selatan dari pegunungan yang bersalju ( pegunungan Maoke ) terbentang dataran rendah yang sangat luas dan sebagian besar masih berupa rawa-rawa yang di tumbuhi pohon bakau.

Sungai – sungai di Papua,seperti halnya di Kalimantan,dapat dilayari hingga  jauh ke pedalaman,dan sampai saat ini transportasi air masih menentukan kelancaran hidup penduduk sehari – hari di daerah setempat.


Oleh                      :  DEWI APRILIA
NIM                       : 2009 133 351
Email                     : daprilia93@yahoo.co.id

1 komentar:

  1. halo saya zaki.
    umur saya 11 thn dan saya kelas:5
    saya mencari daratan pulau papua

    BalasHapus