Rabu, 14 November 2012

RPP KELAS X semester Gazal


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan  aspek  geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi:  - Menguraikan konsep geografi
- Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar
-          Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-          Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian geografi
-          Perkembangan ilmu geografi
-          Konsep esensial geografi
-           
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas
D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Menguraikan konsep geografi
·        Siswa dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi.

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan pengertian geografi secara garis besar . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama (guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan pandangan tokoh (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan penerapannya dalam kehidupan . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3.      Kegiatan Penutup
A.     Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

B.     Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai)
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-          Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan konsep esensial geografi
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar




Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55







Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Negeri Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek  geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi    :  -Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
                                                             - Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
-          Menjelaskan objek studi geografi
-          Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.     Materi Pembelajaran
-          Ruang lingkup geografi
-          Objek studi geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills


D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Membedakan objek formal dan objek material dalam studi geografi.
·        Siswa dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasn secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu





Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55






















Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menjelaskan Pendekatan Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Menjelaskan metode/pendekatan geografi
-                  Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pendekatan kajian geografi
1.      Pendekatan keruangan (spatial approach)
2.      Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3.      Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·        Mengamati gambar dan menganalisis fenomena geosfer melalui pendekatan geografi
·        Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan!
·        Siswa dapat Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari berbagai referensi

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi sebelumnya.


2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan, dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan analisis. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)


3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras
F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di perkotaan!

Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Sikap terhadap materi pembahasan




Alasan atas sikap terhadap materi pembahasan




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55






















Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan                        aspek geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Menjelaskan Prinsip-prinsip Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
  - Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip                      
   geografi
                                                      -Menerapkan prinsip geografi dalam kajian  
                                                       gejala geosfer
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan prinsip-prinsip geografi
-          Mengidentifikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,



B.     Materi Pembelajaran
-          Prinsip-Prinsip Geografi
1.      Prinsip persebaran
2.      Prinsip timbal balik
3.      Prinsip korologi
4.      Prinsip penggambaran
C.    Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas
D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar/foto fenomena geosfer
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menganalisis  fenomena geosfer yang dikaji berdasarkan keempat prinsip geografi.
·        Mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi.
·        Siswa dapat Menjelaskan Prinsip Geografi




E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian disampaikan di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan prinsip-prinsip geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)





Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
C.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
D.     Bersama-sama menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
E.      Guru memberi tugas kelompok untuk membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia. Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);











F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang prinsip-prinsip geografi




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar










Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan mengenai fenomena geosfer




Isi menunjukkan prinsip dan pendekatan geografi




Isi menunjukkan analisis terhadap fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan 
                                                   Aspek geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Mendeskripsikan Aspek-aspek Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi:   -Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
- Memberikan contoh aspek-aspek geografi
   dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan aspek-aspek geografi
-          Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Materi Pembelajaran
-          Aspek-Aspek Geografi
1.      Aspek fisik (alamiah)
2.      Aspek sosial (kehidupan)
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar fenomena geosfer
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari
·        Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi.
·        Siswa dapat Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek sosial

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·         Guru mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
·          
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan dan Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi tersebut dengan menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
F.      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G.     Penugasan mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi .(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.     Penilaian
Penilaian tertulis
-          Soal-soal evaluasi pada akhir bab.
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.


Rubrik Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang aspek-aspek geografi




Kemampuan melakukan analisis terhadap pernyataan




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar




Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55






















Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: -Mendeskripsikan pengertian dan  proses 
terjadinya Jagat Raya
-       Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian Jagat Raya
-          Mendeskripsikan proses terjadinya Jagat Raya
-          Mendeskripsikan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian Jagat Raya
-          Pandangan Manusia tentang Jagat Raya


C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar proses pembentukan Jagat Raya
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Carilah pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya dari situs internet!
·        Siswa dapat Secara kelompok, mendiskusikan  tentang pandangan manusia mengenai Jagat Raya

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan tentang benda-benda langit yang ada di Jagat Raya


.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya di buku teks. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)



3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya
-          Menghitung satuan ukuran jarak di Jagat Raya
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Satuan Jarak di Jagat Raya

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, kuis

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Membaca buku dan menghitung jarak benda-benda langit di Jagat Raya dengan menggunakan satuan ukuran jarak di Jagat Raya
·        Siswa dapat Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya jawab mengenai macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru memberikan tugas individu untuk menghitung satuan jarak di Jagat Raya (Kuis Cepat Tepat).  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan: mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Jagat Raya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk kuis Cepat Tepat diberikan nilai 10 untuk setiap jawaban yang betul, nilai 5 untuk siswa yang berani mengerjakan di papan tulis namun jawabannya salah.

Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: Mengidentifikasi proses terjadinya, bentuk,
                                                       dan sifat anggota Jagat Raya
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan proses terjadinya anggota Jagat Raya
-          Membedakan bentuk-bentuk anggota Jagat Raya
-          Menjelaskan sifat-sifat anggota Jagat Raya
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Anggota Jagat Raya
1.      Galaksi
    • Bentuk Galaksi
    • Macam-macam Galaksi


C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar  mengenai Jagat Raya (Galaksi)
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Mengamati Gambar mengenai proses terjadinya Jagat Raya
·        Siswa dapat Menjelaskan proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya 

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelasakan  mengenai gambar angg ota Jagat Raya (Galaksi) dengan seksama. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Buatlah kesimpulan/ringkasannya!.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sekilas mengenai isi Gambar yang telah dijelaskan.  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa membuat karangan secara individu mengenai materi Pelajaran yang disampaikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan tentang anggota Jagat Raya (Galaksi). Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.







Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari isi film




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55






Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Menjelaskan  pengertian dan proses  
                                                         terjadinya Tata Surya
-       Mendeskripsikan  teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian Tata Surya
-          Menjelaskan  proses terjadinya Tata Surya
-          Menyebutkan teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian Tata Surya
-          Proses Terjadinya Tata Surya
-          Teori-teori tentang Tata Surya


C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Membaca dan menyusun secara kronologis tentang proses terjadinya Tata Surya
·        Menguraikan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
·        Siswa dapat Menjelaskan proses terjadinya Tata Surya
·        Siswa dapat menyebutkan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya. 
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan perbedaan antara Jagat Raya dan Tata Surya.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya secara garis besar menggunakan peta konsep . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari situs internet seperti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Siswa membuat karangan mengenai hasil temuannya dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya di buku teks . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar




Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55






















Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: -  Menjelaskan Matahari sebagai pusat Tata
                                                          Surya
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan Matahari sebagai pusat Tata Surya
-          Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Matahari Pusat Tata Surya

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar Matahari sebagai pusat Tata Surya
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Membaca buku  dan diskusi kelompok mengenai keberadaan Matahari sebagai pusat tata surya
·        Siswa dapat Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari.

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keduabelas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian Matahari dan manfaatnya bagi kehidupan.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan sifat dan bagian-bagian Matahari secara garis besar menggunakan gambar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan: siswa secara individu mengerjakan uji penguasaan materi  disertai pembahasan yang dikerjakan dalam bentuk karangan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya-jawab mengenai uji penguasaan materi disertai penjelasan dari guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai Matahari sebagai pusat Tata Surya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari soal uji penguasaan materi




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55














Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Menjelaskan Planet sebagai anggota Tata Surya
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan planet sebagai anggota Tata Surya
-          Mengidentifikasikan bulan sebagai satelit bumi
-          Menjelaskan perubahan pergerakan bulan terhadap bumi
-          Menjelaskan komet, meteor, dan meteorite sebagai anggota Tata Surya
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Planet-planet
1.      Pengertian planet
2.      Hukum tentang planet
3.      Klasifikasi planet
-          Bulan Satelit Bumi
-          Komet, Meteor dan Meteorit, serta Planetoid dan Asteroid

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar mengenai planet dalam Tata Surya
-          Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Menonton film pendek mengenai planet
·        Siswa dapat Menjelaskan planet sebagai anggota Tata Surya



E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketigabelas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian planet dan nama-nama planet.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menonton film mengenai Planet dengan seksama. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan mengenai isi film yang telah ditonton dan kolom aktivitas pada buku sumber . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai materi/isi film dengan mencantumkan judul film dan pembuatnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan: mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Tata Surya , dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang Planet. Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.




Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari isi film




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -Mendeskripsikan sejarah pembentukan
                                                        bumi
   -Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi
-          Menjelaskan karakteristik lapisan bumi
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Sejarah Pembentukan Bumi
-          Karakteristik Lapisan Bumi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar struktur lapisan bumi
-          Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi karakteristiknya
·        Membaca dan menyusun secara kronologis sejarah pembentukan muka bumi
·        Siswa dapat Kerjakanlah soal-soal evaluasi bab tentang Pembentukan Muka Bumi!
·        Siswa dapat Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru mengumpulkan tugas soal evaluasi bab “Tata Surya”
·         Guru menanyakan tentang bentuk-bentuk muka bumi.



2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi  dari berbagai referensi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru menjelaskan karakteristik lapisan bumi  dengan menggunakan gambar struktur lapisan bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara individu: mengerjakan soal evaluasi akhir bab mengenai Pembentukan Muka Bumi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);


F.     Penilaian
-          Penilaian soal evaluasi.
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi: -    Menjelaskan perkembangan bentuk muka  
                                                          bumi
-       Menganalisis teori tektonik lempeng
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi
-          Menjelaskan teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
ü  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
ü  Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Perkembangan Bentuk Muka Bumi
-          Teori Tektonik Lempeng


C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan


D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sejarah pembentukan bumi
·        Membaca dan tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi hingga saat ini
·        Secara berkelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
·        Siswa dapat Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
·        Siswa dapat Menganalisis teori tektonik lempeng

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan tentang pengertian lempeng.

2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng  dari berbagai referensi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Penugasan secara kelompok, mendiskusikan posisi kepulauan Indonesia dikaitkan dengan lempeng tektonik  . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana kaitan antara posisi Kepulauan Indonesia dengan lempeng tektonik? Apa keuntungan dan kerugian yang diperoleh Indonesia?














Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                     Palembang,September 2012
Guru Pamong PPL II                                 Mahasiswa PPL II



Tri Meida Yani, S.Pd                                     Alpin Gomaris                                                                                            (2009133564)




Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang



Pairah, S.Pd





Tidak ada komentar:

Posting Komentar