RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip,
dan aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.1. Menjelaskan
Konsep Geografi
Indikator
Pencapaian Kompetensi: - Menguraikan konsep geografi
-
Menguraikan
perkembangan ilmu geografi
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
pengertian geografi dari berbagai pakar
-
Membandingkan
perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-
Mengidentifikasikan
konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
geografi
-
Perkembangan
ilmu geografi
-
Konsep
esensial geografi
-
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
life skills, pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
|
·
Menguraikan
konsep geografi
|
·
Siswa
dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian geografi secara garis besar . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
(guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan
pandangan tokoh (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Bersama-sama
mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan
penerapannya dalam kehidupan . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
A.
Bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
B.
Guru
memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas
ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai)
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar
mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-
Penilaian
untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan
konsep esensial geografi
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan
dari kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan
akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 – 79
|
Cukup
|
2
|
56 – 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris
(2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Negeri Pramula
Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan
aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.1. Menjelaskan
Konsep Geografi
Indikator
Pencapaian Kompetensi : -Merumuskan
ruang lingkup kajian geografi
- Mengidentifikasi
objek studi geografi
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
ruang lingkup geografi
-
Menjelaskan
objek studi geografi
-
Mengidentifikasikan
konsep geografi dalam kajian geosfer
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Ruang
lingkup geografi
-
Objek
studi geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
life skills
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
|
·
Membedakan
objek formal dan objek material dalam studi geografi.
|
·
Siswa
dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru
mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasn
secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian
geosfer. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
menarik kesimpulan materi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana aplikasi konsep
geografi dalam kajian geosfer?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek
yang dinilai
|
Nama
Kelompok/ Nama peserta didik
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Penilaian
kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan
tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama
kelompok
|
|
|
|
3.
|
Hasil
tugas
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan
bahasa yang baik
|
|
|
|
Jumlah
Nilai Kelompok
|
|
|
||
Penilaian
Individu Peserta didik
|
||||
1.
|
Berani
mengemukakan pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani
menjawab pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Jumlah
Nilai Individu
|
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.2. Menjelaskan
Pendekatan Geografi
Indikator
Pencapaian Kompetensi: - Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
-
Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi
dalam mengkaji fenomena geosfer
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengidentifikasikan
pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-
Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pendekatan
kajian geografi
1. Pendekatan keruangan (spatial approach)
2. Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3. Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·
Mengamati
gambar dan menganalisis fenomena geosfer melalui pendekatan geografi
|
·
Analisislah
mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan!
|
·
Siswa
dapat Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari berbagai
referensi
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi
sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar . (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan,
dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara
individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di
daerah perkotaan. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·
Bersama-sama
menarik kesimpulan analisis. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
menarik kesimpulan materi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Analisislah mengenai pembangunan
rumah susun di perkotaan!
Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Sikap terhadap materi pembahasan
|
|
|
|
|
Alasan atas sikap terhadap materi pembahasan
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 – 79
|
Cukup
|
2
|
56 – 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.3. Menjelaskan
Prinsip-prinsip Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: -
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
- Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip
geografi
-Menerapkan prinsip geografi
dalam kajian
gejala geosfer
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
prinsip-prinsip geografi
-
Mengidentifikasikan
prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Prinsip-Prinsip
Geografi
1. Prinsip persebaran
2. Prinsip timbal balik
3. Prinsip korologi
4. Prinsip penggambaran
C.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar/foto
fenomena geosfer
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis fenomena geosfer yang dikaji berdasarkan
keempat prinsip geografi.
|
·
Mengungkapkan
kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi.
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan Prinsip Geografi
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang
terjadi di Indonesia.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan
prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian
disampaikan di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan
prinsip-prinsip geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Guru
menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
C.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
D.
Bersama-sama
menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
E.
Guru
memberi tugas kelompok untuk membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang
terjadi di Indonesia. Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-
Penilaian
saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena
geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang prinsip-prinsip
geografi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan
pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan
mengenai fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan prinsip dan
pendekatan geografi
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan analisis
terhadap fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan
akhir terhadap isi
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan,
prinsip, dan
Aspek geografi
Kompetensi
Dasar : 1.4.
Mendeskripsikan Aspek-aspek Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: -Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
- Memberikan contoh
aspek-aspek geografi
dalam
kehidupan sehari-hari.
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengidentifikasikan
aspek-aspek geografi
-
Memberikan
contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Materi Pembelajaran
-
Aspek-Aspek
Geografi
1.
Aspek
fisik (alamiah)
2.
Aspek
sosial (kehidupan)
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
dan penugasan.
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
fenomena geosfer
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Mengungkapkan
kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi.
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek sosial
|
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·
Guru
mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
·
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis (hal 5). (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya
jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
dan Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi tersebut dengan menerapkan aspek-aspek dalam kajian gejala geosfer. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru
menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
F.
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G.
Penugasan
mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi .(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Penilaian
tertulis
-
Soal-soal
evaluasi pada akhir bab.
Penilaian
Performance/Sikap
-
Penilaian
saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena
geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang
aspek-aspek geografi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
terhadap pernyataan
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan
pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Keterangan:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena
geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang materi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
atas pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Sikap terhadap
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata
surya
Indikator
Pencapaian Kompetensi: -Mendeskripsikan pengertian dan proses
terjadinya
Jagat Raya
- Menjelaskan pandangan manusia mengenai
Jagat Raya
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
pengertian Jagat Raya
-
Mendeskripsikan
proses terjadinya Jagat Raya
-
Mendeskripsikan
pandangan manusia mengenai Jagat Raya
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
Jagat Raya
-
Pandangan
Manusia tentang Jagat Raya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life
skills, penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
proses pembentukan Jagat Raya
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Carilah
pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya dari situs internet!
|
·
Siswa
dapat Secara kelompok, mendiskusikan
tentang pandangan manusia mengenai Jagat Raya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan tentang benda-benda langit yang ada di Jagat Raya
.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat
Raya secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan
manusia mengenai Jagat Raya (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet
dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai
Jagat Raya di buku teks. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia
mengenai Jagat Raya dari situs internet.
Penilaian
berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan
dari kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan
akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata
surya
Indikator
Pencapaian Kompetensi: Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya
-
Menghitung
satuan ukuran jarak di Jagat Raya
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Satuan
Jarak di Jagat Raya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, kuis
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca
buku dan menghitung jarak benda-benda langit di Jagat Raya dengan menggunakan
satuan ukuran jarak di Jagat Raya
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya secara garis besar. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya
jawab mengenai macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru
memberikan tugas individu untuk menghitung satuan jarak di Jagat Raya (Kuis
Cepat Tepat). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan:
mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Jagat Raya. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk kuis Cepat Tepat diberikan nilai 10 untuk setiap jawaban yang betul,
nilai 5 untuk siswa yang berani mengerjakan di papan tulis namun jawabannya
salah.
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena
geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang materi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
atas pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Sikap terhadap
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata
surya
Indikator
Pencapaian Kompetensi: Mengidentifikasi proses terjadinya, bentuk,
dan sifat anggota Jagat Raya
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
proses terjadinya anggota Jagat Raya
-
Membedakan
bentuk-bentuk anggota Jagat Raya
-
Menjelaskan
sifat-sifat anggota Jagat Raya
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Anggota
Jagat Raya
1. Galaksi
- Bentuk Galaksi
- Macam-macam Galaksi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life
skills, penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar mengenai Jagat Raya (Galaksi)
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Mengamati
Gambar mengenai proses terjadinya Jagat Raya
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat
Raya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelasakan
mengenai gambar angg ota Jagat
Raya (Galaksi) dengan seksama. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Buatlah
kesimpulan/ringkasannya!. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sekilas mengenai isi Gambar
yang telah dijelaskan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
membuat karangan secara individu mengenai materi Pelajaran yang
disampaikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mengenai ringkasan tentang anggota Jagat Raya (Galaksi).
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari isi film
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata
surya
Indikator
Pencapaian Kompetensi: - Menjelaskan pengertian dan proses
terjadinya Tata Surya
- Mendeskripsikan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
pengertian Tata Surya
-
Menjelaskan
proses terjadinya Tata Surya
-
Menyebutkan teori-teori mengenai terjadinya Tata
Surya
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
Tata Surya
-
Proses
Terjadinya Tata Surya
-
Teori-teori
tentang Tata Surya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life
skills, penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca
dan menyusun secara kronologis tentang proses terjadinya Tata Surya
·
Menguraikan
teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses terjadinya Tata Surya
·
Siswa
dapat menyebutkan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kesebelas
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan perbedaan antara Jagat Raya dan Tata Surya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya
secara garis besar menggunakan peta konsep . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori
tentang Tata Surya dari situs internet seperti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
membuat karangan mengenai hasil temuannya dari situs internet dengan
mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pengertian, proses
terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya di buku teks . (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori
tentang Tata Surya dari situs internet.
Penilaian
berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan
dari kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan
akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan
bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata
surya
Indikator
Pencapaian Kompetensi: - Menjelaskan
Matahari sebagai pusat Tata
Surya
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
Matahari sebagai pusat Tata Surya
-
Mendeskripsikan
bagian-bagian Matahari
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Matahari
Pusat Tata Surya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
Matahari sebagai pusat Tata Surya
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca
buku dan diskusi kelompok mengenai
keberadaan Matahari sebagai pusat tata surya
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Keduabelas
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan pengertian Matahari dan manfaatnya bagi kehidupan.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan sifat dan bagian-bagian Matahari secara garis besar menggunakan
gambar. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan:
siswa secara individu mengerjakan uji penguasaan materi disertai pembahasan yang dikerjakan dalam
bentuk karangan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Tanya-jawab
mengenai uji penguasaan materi disertai penjelasan dari guru. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mengenai Matahari sebagai pusat Tata Surya.
Penilaian
berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari soal uji penguasaan materi
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 – 79
|
Cukup
|
2
|
56 – 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Negeri 1 Tanjung
Lubuk
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata
surya
Indikator
Pencapaian Kompetensi: - Menjelaskan
Planet sebagai anggota Tata Surya
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
planet sebagai anggota Tata Surya
-
Mengidentifikasikan
bulan sebagai satelit bumi
-
Menjelaskan
perubahan pergerakan bulan terhadap bumi
-
Menjelaskan
komet, meteor, dan meteorite sebagai anggota Tata Surya
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Planet-planet
1. Pengertian planet
2. Hukum tentang planet
3. Klasifikasi planet
-
Bulan
Satelit Bumi
-
Komet,
Meteor dan Meteorit, serta Planetoid dan Asteroid
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar mengenai planet dalam Tata Surya
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Menonton
film pendek mengenai planet
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan planet
sebagai anggota Tata Surya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ketigabelas
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan pengertian planet dan nama-nama planet.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menonton
film mengenai Planet dengan seksama. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
mengenai isi film yang telah ditonton dan kolom aktivitas pada buku sumber . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara
individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai materi/isi film dengan
mencantumkan judul film dan pembuatnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan:
mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Tata Surya , dikumpulkan
pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang Planet. Penilaian
berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari isi film
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: -Mendeskripsikan sejarah pembentukan
bumi
-Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi
-
Menjelaskan
karakteristik lapisan bumi
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Sejarah
Pembentukan Bumi
-
Karakteristik
Lapisan Bumi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life
skills, penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
struktur lapisan bumi
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi karakteristiknya
|
·
Membaca
dan menyusun secara kronologis sejarah pembentukan muka bumi
|
·
Siswa
dapat Kerjakanlah soal-soal evaluasi bab tentang Pembentukan Muka Bumi!
·
Siswa
dapat Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
mengumpulkan tugas soal evaluasi bab “Tata Surya”
·
Guru
menanyakan tentang bentuk-bentuk muka bumi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi dari berbagai referensi.
(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru
menjelaskan karakteristik lapisan bumi
dengan menggunakan gambar struktur lapisan bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu: mengerjakan soal evaluasi akhir bab mengenai Pembentukan Muka
Bumi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
soal evaluasi.
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena
geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang materi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
atas pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Sikap terhadap
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa
yang baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Pramula Palembang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan
bumi
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan perkembangan
bentuk muka
bumi
- Menganalisis teori tektonik lempeng
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi
-
Menjelaskan
teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa
bumi
·
Karakter siswa yang diharapkan :
ü Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Perkembangan
Bentuk Muka Bumi
-
Teori
Tektonik Lempeng
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman
Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
-
Buku
sumber Geografi SMA
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca
dan tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi hingga saat ini
·
Secara
berkelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran
gunung api dan gempa bumi
|
·
Siswa
dapat Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
·
Siswa
dapat Menganalisis teori tektonik lempeng
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan tentang pengertian lempeng.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori
tektonik lempeng dari berbagai
referensi.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya
jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng dan
kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara kelompok, mendiskusikan posisi kepulauan Indonesia dikaitkan dengan
lempeng tektonik . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan
diskusi : Bagaimana kaitan
antara posisi Kepulauan Indonesia dengan lempeng tektonik? Apa keuntungan dan
kerugian yang diperoleh Indonesia?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama peserta
didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok
dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
3.
|
Hasil tugas
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan bahasa yang baik
|
|
|
|
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|
||
Penilaian Individu Peserta
didik
|
||||
1.
|
Berani mengemukakan pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani menjawab pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Jumlah Nilai Individu
|
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
|
|
|
Mengetahui, Palembang,September
2012
Guru Pamong PPL II Mahasiswa PPL II
Tri Meida Yani, S.Pd Alpin Gomaris (2009133564)
Mengetahui,
Kepala SMA Pramula Palembang
Pairah, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar