Rabu, 06 Juni 2012

PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BEDEGUNG

DFTAR ISI





FOTO OBJEK WISATA AIR TERJUN BEDEGUNG……………………. i
       I.            KONDISI GEOGRAFIS KAB MUARA ENIM……………………………1
    II.            LETAK OBJEK WISATA AIR TERJUN BEDEGUNG…………………...1
 III.            PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN BEDEGUNG……..3
 IV.            TANTANGAN DARI PENGEMBANGN OBJEK WISATA……………..          7
    V.            PROSPEK OBJEK WISATA AIR TERJUN BEDEGUNG……………….7
 VI.            KESIMPULAN……………………………………………………………. 8
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………ii

       I.            Kondisi Geografis Kabupaten Muara Enim
Kabupaten Muara Enim yang memiliki luas 9.531.55 Kilometer persegi terletak pada gegrafis 4-6 derajat lintang selatan (LS) dan 105-106 derajat bujur timur(BT). Dengan jumlah padatan penduduk mencapai 617.327, terdiri dari 305.560 laki laki dan 311.560 jiwa perempuan, dengan tingkat kepadatan penduduk rata rata 90 juta jiwa perkilometer persegi
                        Batas batas Kabupaten Muara enim yaitu:
            Utara   : Kabupaten musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang
Selatan            : Kabupaten Ogan komering ulu selatan, Kabupaten Kaur
(prov Bengkulu)
            Barat   :Kabupaten  Musi rawas, Kabupaten lahat, Kota Pagar alam
Timur   : Kabupaten Ogan Komering ulu, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kota Prabumulih
Kabupaten Muara enim juga memiliki 22 Kecamatan.

  1. Letak Objek wisata air terjun bedegung
Bila berkunjung ke Muara Enim belum lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke objek wisata air terjun Bedegung. Salah satu air terjun tertinggi, sekitar 99 m di Sumsel ini terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim.


               Untuk menuju lokasi, dapat ditempuh jalan darat dari Muara Enim kurang kebih 56 km sekitar sejam perjalanan. Jika dari Palembang sekitar 210 km (4 jam). Menuju lokasi ini bisa naik angkutan umum sejenis L-300 pick-up dengan ongkos Rp15.000 dari Muara Enim dan tiba dikawasan Simpang Meo.
            Meski jauh, tetapi bila tiba di lokasi menghirup udara perbukitan akan terasa segar. Bagi yang suka berpetualang, kawasan perbukitan air terjun curup tenang bedegung cukup menawarkan keindahan alam yang mempesona.
               Untuk menuju lokasi air terjun, harus berjalan kaki dengan jarak dari lokasi parkir sekitar 1 km. Sesampainya di sana, bisa beristirahat di salah satu pondok semacam warung yang menjual makanan dan minuman. Bisa juga menikmati minuman seduhan kopi buatan penduduk lokal dikanan kiri jalan.
    Disini juga, ada tempat untuk ganti pakaian. Sampai dibawah air terjun, akan hilang kepenatan. Sambil merasakan kesegaran air alam nan dingin dan berendam sepuasanya.






  1. Pengembangan Objek wisata air terjun bedegung
a)      Pengembangan Lokasi
air Terjun Bedegung merupakan air terjun tertinggi (99 m) di Sumatera Selatan yang terletak dekat Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, sekitar 56 km di selatan Muara Enim.
Air terjun ini bersumber dari mata air yang tak pernah kering di celah Bukit Barisan dan ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang deras. Bedegung merupakan objek wisata alam handalan daerah sumsel. Karena keindahan alam. air terjun ini juga masuk kategori 10 air terjun tertinggi di Indonesia.
            Air terjun alami ini merupakan tempat rekreasi yang memberikan kesejukan bagi pengunjung karena hembusan angin yang membawa butiran-butiran air. Suasana alam pegunungan di sekitarnya benar-benar mengesankan.Sangat Cocok Untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.
Description: DSC_0973
Gambar: keindahan air terjun bedegung
Namun sayang nya, keindahan air terjun ini tidak menjadi focus pemerintah setempat, dimana objek wisata ini hanya di fasilitasi dengan prasarana yang belum bisa di katakana memuaskan.
Maka dari itu kami disini ingin mengembangkan ojek wisata ini, dengan bekerja sama dengan dinas pariwisata muara enim dalam mengoptimalkan prasarana pendukung dari objek wisata ini.
adapun yang akan kami kembangkan di objek wisata ini:
1.      Membangun Tempat Ganti Baju Dan Tolilet Yg Layak.
2.      Perenovasian Kembali Jembatan Yang Sudah Tak Layak Lagi.
3.      Membangun Restoran Makanan.
4.      Membangun Lift Gantung.
5.      Mengembangkan Wisata Arum Jeram
6.      Membangun Tempat Penjualan Oleh Oleh Khas Daerah Ini.
Description: masuk-kedalam-jeram-klutang
                    Gambar: wisata arum jeram yang akan kami lebih kembang kan
b)      Pengembangan Pariwisata berbasis masyarakat
Pariwisata berbasis mayarakat adalah pengembangan pariwisata dengan keterlibatan masyarakat setempat yang tinggi dan dapat di pertanggung jawabkan dari aspek social dan linkungan hidup.
  • Peningkatan dan pemerataan pendapatan
Biasanya, sumber utama pendapatan masyarakat tetap seperti semula, missal nya dari pertanian, perkebunan atau nelayan. Dengan berkembang nya Pariwisata berbasis masyarakat, masyarakat memperoleh pendapatan tambahan dan ketergantungan masyarakat terhadap sumbedaya alam, agar tidak menganggu aktifitas mereka,missal nya dalam msim panen.
Salah satu harapan pariwisata berbasis masyarakat adalah agar pembagian keuntungan dari usaha pariwisata dapat di nikmati oleh masyarakat setempat juga.
Pengembangan pariwisata ini menggunakan kerjasama antar pihak. Pemerintah,masyarakat,usaha pariwisata, Lsm. Untuk mengembangkan Pariwisata berbasis masyarakat.
terutama pada tahap awal, pendampingan masyarakat di butuhkan agar masyarakat terlibat dari proses pengembangan.
Pariwiisata berbasis masyarakat adalah bentuk pembangunan pariwisata yang bertujuana membeerdayakan masyarakat

c)      Pemasaran objek wisata air terjun Bedegung
Pemasaran suatu objek wisata, merupakan poin penting dari pengembangan objek wisata, terutama di objek wisata
air terjun bedegung ini.
seperti:
o   Pemasran Lewat Media
o   pemasaran Lewat sosialisai
o   Mengadakan even even akbar di Lokasi ini
Description: Pengejar-angin
Gambar: salah satu usaha pemasaran objek wisata air terjun bedegung Lewat film layar Lebar




  1. Tantangan dari Pengembangan Objek wisata Air terjun bedegung

Salah satu tantangan dari Pegembangan objek wisata ini adalah bisa berdampak negative terhadap masyarakat setempat dan lingkungan antara lain:
·         Kepadatan Pengunjung
·         Pencemaran
·         Tekanan terhadap sumber daya alam
·         Tekanan terhadap sumber daya terbatas.

masalah dana dan pro dan kontra nya masyarakat setempat juga agan menjadi tantangan dalam pengembang  objek wisata air terjun bedegung ini.

  1. Prospek Objek wisata Air terjun Bedegung
Prospek Yang di janji kan objek wisata ini, sangat menjanjikan. di lihat dari ke indahan wisata nya, dan akses menempuh nya tidak rumit membuat objek wisata ini bisa di jadikan devisa bila di kelola dengan baik.





  1. Kesimpulan
Keuntungan Yang bisa diraih dari pengembangan Pariwisata ini sangat lah besar, dari itulah kami ingin mengembangkan ojek wisata air terjun bedegung yang belum optmal ini.  dalam pengembangan ini kami juga memasukan konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat untuk masyarakat setempat dan untuk pengolahan sumber daya alam dan manusia memubuat nya suatu alternaltif menarik untuk menunjang perekonomian ekonomi kabupaten, Kabupaten muara enim dengan kekayaan alam nya memiliki potensi untuk pengembangan usaha pariwisata.
Pendekatan multipihak dengan melibatkan semua pihak, dapat menyelaraskan persepsi tentang pengembangan objek wisata ini.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar