Rabu, 04 Januari 2012

papua


Nama : Ramayanti
Nim    : 2009 133 355
Kelas : 5i
Mata kuliah : Regional Indonesia

RELIEF PULAU PAPUA
Papua adalah sebuah provinsi terluas indonesia yang terletak dibagian tengah pulau papua atau bagianpaling timur. Belahan timurnya merupakan negara papua nugini.
Papua terdapat jalur pergunungan, yaitu
1.        Jalur pegunungan yang arahnya sejajar dengan pantai utara dan kepala burung papua dan bersifat volkanis.
2.        Jalur pegunungan yang merupakan sumbu utama dari pulau papua dimana terletak deretan pegunungan yang tertinggi di indonesia sehingga puncak – puncaknya selalu tertutup salju abadi. Diantara puncak – puncak ini ialah puncak jaya (5030 m), Trikora (4750 m), yamin (4530 m) dan puncak mandala (4700 m).
Diantara puncak jalur pegunungan tersebut terdapat daratan tinggi, daratan rendah dan lembah – lembah antara pegunungan. Misalnya lembah Memberanto-Betawi  yang terletak disebelah selatan pegunungan Cyclops, lembah antara sungai idendurg (Taritahu) dan sungai Sepik, lembah digulgfly.
Disebelah selatan dari pegunungan yang bersalju (pegunungan Maoke) terbentang daratan rendah yang sangat luas dan sebagian besar masih berupa rawa-rawa yang ditumbuhi pohon bakau.
Sungai – sungai dipapua, seperti halnya dikalimantan, dapat dilayani hingga jauh kepedalaman dan sampai saat ini transportasi air masih menentukan kelancaran hidup penduduk sehari – hari didaerah setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar