Sabtu, 20 November 2010

perkiraan dan antisipasi masyarakat masa depan

A. Latar belakang
Pedidikan selalu bertumpuh pada kesejateraan, yakni pengalaman-pengalaman masa lampau, kenyataan dan kebutuhan mendesak masa kini, dan aspirasi serta harapan masadepan/melalui pendidikan setiap masyarakat akan melestariakn nilai-nilai luhur social kebudayaannya yang telah terukir dengan indahnya dalam sejara bangsa tersebut.
Melalui dengan pendidikan juga diharapkan dapat ditumbuhkan kemampuan untuk menghadapi tuntutan objektif masa kini, baik tuntutan dari dalam maupun tuntutan karena pengaruh dari luar masyarakat yang bersangkutan. Dan akhirnya, melalui pendidikan akan ditetapkan langkah-langkah yang akan dipilih masa kini sebagai upaya mewujukan aspirasi dan harapan di amsa depan.
Dlam UU-RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 telah ditetapkan antara lain bahwa “pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan,pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

B. Tujuan.
1) Memahami beberapa kemungkinan keadaan masyarakat di masa depan, serat pranan factor-faktor globalisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), arus komunikasi yang semakin padat dan cepat, serta kebutuhan yang meningkat dalam layanan professional terhadap masyarakat di masa depan tersebut.
2) Memahami berbagai upaya pendidikan untuk mengantisipasi masa depan, baik yang berkenan dengan penyiapan manusia maupun yang berkenan dengan perubahan sosio-kultural, serta pengembangan sarana pendidikan untuk mendukung upaya-upaya yang sedang atau akan dilaksanakan.

C. Manfaat.
1) Bagi mahasiswa calon tenaga kependidikan, utamanya guru, kajian tentang masyarakat masa depan tersebut berdampak ganda, yakni untuk dirinya sendiri serta pada gilirannya kelak untuk siswa-siswanya.

PEMBAHASAN A. Perkiraan Masyarakat Masa Depan.
Pendidikan selalu berlangsung dalam suatu latar kemasyarakatan dan kebudayaan tertentu. Demikian pula di Indonesia pendidikan nasional dilaksanakan berdasarkan latar kemasyarakatan dan kebudayaan Indonesia. Landasan sosio-kultural merupakan salah satu dasar utama dalam menentukan arah kepada program-program pendidikan baik program pendidikan sekolah maupun program pendidikan luar sekolah. Dari sisi lain pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan setiap masyarakat. Di dalam UU no 2 Tahun 1989 tentang sistim pendidikan nasional dinyatakan bahwa “dalam kehidupan suatu bangsa pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa yang bersangkutan.” Melalui upaya pendidikan kebudayaan di wariskan dan di pelihara oleh setiap generasi bangsa. Serentak dengan itu upaya pendidikan di arahkan pula untuk mengembangkan kebudayaan itu. Kebudayaan yang dimaksudkan dalam arti luas yaitu “ keseluruhan gagasan dan karya manusia, yang harus dibiasakan dengan belajar, beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya itu (koentjaraninggrat, 1974: 19). Kebudayaan itu dapt:
1. Berwujud ideal yakni ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya.
2. Berwujud kelakuan yankni kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat.
3. Berwujud fisik yakni benda-benda hasil karya manusia.(Koentjaraningrat 1974: 15-22).
Kajian masyarakat masa depan itu semakin penting jika diingat bahwa pendidikan selalu merupakan penyiapan peserta didik bagi peranan di masa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan seharusnya selalu mengantisipasi keadaan masyarakat masa depan. Perubahan keadaan masyarakat masa depan yang berlangsung dengan cepat mempunyai beberapa karateristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di masa depan yaitu:

 1. Kecenderungan Globalisasi yang Makin Kuat.
Istilah globalisasi (asal kata: global yang berararti secara umumnya, utuhnya,kebulatannya) bermakna bumi sebagai satu keutuhan seakan akan tanpa tapal batas administrasi negara, dunia menjadi amat tarnsparan, serta saling ketergantungan antar bangsa didunia semakin besar; dengan kata lain: “menjadikan dunia sebagai satu keutuhan, satu kesatuan.” Menurut Emil salim (1990; 8-9)
Terdapat empat bidang kekuatan gelombang globalisasi yang paling kuat dan menonjol daya dobraknya,yakni:
a. Bidang iptek yang mengalami perkembangan yang semakin dipercepat utamanya dengan penggunaan berbagai teknologi canggih seperti computer dan satelit. Kekuatan pertama gelombang globalisasi ini membuat bumi seakan-akan menjadi sempit dan transparan. Globalisasi iptek tersebut memeberi orientasi baru dalam bersikap dan berpikir serta berbicara tanpa batas negara.
b. Bidang ekonomi yang mengarah ke ekonomi regional dan atau ekonomi global tanpa mengenal batas-batas negara. Di berbagai bagian dunia telah berkembang kelompok-kelompok ekonomi regional. Gejala lainnya adalah makin meluasnya perusahaan multi nasional sebagai perusahaan raksasa yang kakinya tertanam kuat di berbagai negara. Globalisai ekonomi telah menyebabkan negara hanya bertapal batas politik saja, sedangkan dari segi ekonomi semakin kabur.
c. Bidang lingkungan hidup telah menjadi bahan pembicaraan dalam berbagai pertemuan internasional, yang mencapai puncaknya pada konferensi tingkat tinggi (KTT) bumi , atau nama resminya: konferensi PBB mengenai lingkungan hidup dan pembangunan (UNCED), pada awal juni 1992 di Rio De Jeneiro,Brasil. Kerusakan ke berbagai negara di sekitarnya, bahkan mengancam keselamatan planet ini. Oleh karena itu, diperlukan wawasan dan kebijakan yang tepat dalam bidang pembangunan yang menjamin kelestarian dan keselamatan lingkungan hidup, atau pembangunan yang berwawasan lingkungan.
d. Bidang pendidikan dalam kaitannya dengan identitas bangsa, termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara. Disamping terpaan tentang gagasan-gagasan dalam pendidikan globalisasin terjadi pula secara langsung menerpa setiap indiidu manusia melalui buku,radio ,televise,dan media lainnya.
Di samping keempat bidang tersebut, kecenderungan globalisai juga tampak dalam bidang politik, hukum dan HAM,paham demokrasi dan sebagainya. Kecenderungan globalisasi tersebut merupakan suatu gejala yang tidak dapat dihindari. Oleh karen itu, banyak gagasan dalm menghadapi globalisasi yang menekankan perlunya berpikir dan berwawasan global namun harus tetap menyesuaikan keputusan dan tindakan dengan keadaan nyata disekitarnya.

2. Perkembangan llmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Perkembangan iptekn yang makin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu cirri utama dari masyarakat masa depan. globalisasi perkembangan IPTEK tersbut dapat berdampak positif ataupun negative,tergantung pada kesiapan bangsa besrta kondisi social- budayanya untuk menerima limpahan informasi atau teknologi tersebut. Segi positifnya antara lain memudahkan untuk mengikuti perkembangan iptek yang terjadi di dunia. Sedangkan segi negatifnya akan timbul apabila kondisi social- budayanya belum siap menerima limpahan itu ( Pratiwi Sudarsono, 1990: 14-15).
Percepatan perkembangan IPTEK tersebut terkait dengan landasan ontologism,epistemologis, dan aksiologisnya (Filsafat Ilmu, 1981: 9-15). Iptek membantu mengembangkan peranti yang dapat mengatasi berbaai kekurangan atau keterbatasan alat indera, danpada gilirannya, peranti itu sangat membantu mengebangkan IPTEK itu sendiri. Globalisasi perkembangan iptek yang cepat tersebut adalah peluang dan tantangan. Terbuka peluang bagi kita untuk menikuti perkembangan iptek tersbut secara dini sebaliknya apabila masyarakat belum siap menerimanya, maka akan berubah menjadi tantangan.

3. Perkembangan Arus Komunikasi Yang Semakin Padat Dan Cepat.
Pada umumnya bentuk komunikai langsung (verbal atau non verbal) di kenal sebagai komunikasi antar pribadi (interpersonal communication), baik komunikasi antar orang (Dyadic communication), maupunu komunikasi dalam kelompok kecil (small group communication) dengan ciri pokok adanya dialog diantara pihak pihak yang berkomunikasi. Sedangkan bentuk komunikasi yang bercirikan monolog adalah komunikasi publik, yang dibedakan atas komunikasi pembicara-pendengar (speker audience communication). Beberapa unsur proses komunikasi yaitu:
a. Sumber pesan seperti harapan,gagasan,perasaan aatau prilaku yang diinginkan oleh pengirim pesan.
b. Penyandian (encoding), yakni pengubahan atau penerjemahan isi pesan kedalam bentuk yang serasi dengan alat pengiriman pesan.
c. Transmisi (pengiriman) pesan.
d. Saluran.
e. Pembukasandian (decoding) yakni penerjemahan kembali apa yang di terima kedalam isi pesan oleh penerima.
f. Reaksi internal penerima sesuai pemahaman pesan yang diterimanya.
g. Gangguan atau hambatan (noise) yang dapat terjadi pada semua unsur dasar lainnya.
Perkembangan komunikasi dengan arus informasi yang makin padat dan akan di percepat di masa depan mencakup keseluruhan unsur-unsur dalam proses komunikasi tersebut.


4. Penigkatan Layanan Profesional.
Salah satu ciri penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan profesionalisme dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Karena perkembangan iptek ang makin cepat serta perkembangan arus informasi yang semakin padat dan epat, maka anggota masyarakat masa depan semakin luas wawasan dan pengetahuannya serta daya kritis yang semakin tinggi. Oleh karena itu, manusia masa depan tersebut makin menuntut suatu kualitas hidup yang lebih baik, termsuk berbagai layanan yang dibutuhkannya. Layanan yang diberikan oleh pemangku profesi tertentu, atau layanan professional, akan semakin penting untuk kebutuhan masyarakat tersebut.
Status professional memerlukan persyaratan yang berat, sehingga tidak semua jenis pekerjaan dapat memperolehnya. Sehinga tuntutan mutu layanan professional tersebut semakin tinggi pula hal itu menuntut suatu kerja sama antar tenaga professional yang semakin erat. Dengan demikian,kualitas hidup dan kehidupan manusia dalam masyarakat di masa depan akan lebih baik lagi.

B. Upaya Pendidikan Dalam Mengantisipasi Masa Depan.
Masyarakat masa depan dengan ciri globalisasi, kemajuan iptek, dan kesempatan menerima arus informasi yang padat dan cepat, dan sebagainya,telah memerlukan warga yang mau dan mampu menghadapi segala permasalahan serta siap menyesuaikan diri dengan situasi baru tersebut. Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan zaman baru yang akan datang. Pengembangan pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematik-sistematik. Pembanguna manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara Indonesia dalam abad 21 yang akan datang untuk itu diperlukan:

1. Tuntutan Bagi Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
Setiap upaya manusia untuk menyesuaikan diri terhadap konstelasi dunia pada masanya (pada masa lampau,kini,akan datang) adalah proses modernisasi sebagai perkiraan masyarakat masa depan. Berdasarkan acuan normative yang berlaku (UU RI No. 2/1989 beserta peraturan pelaksanaanya) telah ditetapkan rumusan tujuan pendidikan di Indonesia, yang dapat di anggap sebagai profil manusia Indonesia di masa depan, salah satu ketentuan penting dalam perundang-undangan tersebut adalah ketetapan pendidikan dasar sembilan tahun.
Tuntutan manusia Indonesia di masa depan diarahkan kepada pembekalan kemampuan yang sangat diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dimasa depan tersebut. Beberapa diantaranya seperti:
1. Ketanggapan terhadap berbagai masalah social,politik,cultural, dan lingkungan.
2. Kreativitas didalam menemukan alternative pemecahannya.
3. Efisiensi dan etos kerja yang tinggi.

2. Upaya Mengantisipasi Masa Depan.
a. Perubahan Nilai dan Sikap.
Nilai dan sikap memegang peranan penting dalam menentukan wawasan dan perilaku manusia. Nilai merupakan norma, acuan yang seharusnya, dan atau kaidah yang akan menjadi rujukan perilaku. Nilai-nilai tersebut dapat bersumber dari berbagai hal, seperti agama, hukum, adatistiadat, moral, dan sebagainya, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Bagi bangsa Indonesia dengan masyarakat yang majemuk terjadi variasi system nilai dan tata kelakuan ( sebagai wujud ideal dari kebudayaan nusantara).
Salah satu pengaruh nilai akan tampak dalam sikap (attitude) seseorang. Kalau nilai masih bersifat umum, maka sikap selalu terkait dengan objek tertentu dan disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap terhadap objek tersebut ( dapat positif ataupun negative). Sebagai kemampuan internal, kemungkinan berbagai alternative unuk bertindak. Dalam sikap dapat dibedakan atas tiga aspek, yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif.
Perubahan nilai dan sikap dalam rangka mengantisipasi masa depan haruslah diupayakan sedemikian rupa sehingga dapat diwujudkan keseimbangan dan keserasian antara aspek pelestarian dan aspek pembaruan. Nilai-nilai luhur yang mendasari kepribadian dan kebudayaan Indonesia seyogyanya akan tetap dilestarikan, agar terhindar dari krisis identitas.

b. Pengembangan Kebudayaan.
Salah satu upaya penting dalam mengantisipasi masa depan adalah upaya yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan dalam arti luas, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan sarana kehidupan manusia. Kebudayaan mencakup unsur-unsur
mulai dari system religi, kemasyarakatan, pengetahuan, bahasa, kesenian,mata pencaharian, sampai dengan system teknologi dan peralatan (Koentjaraningrat,1974:12). Unsure terakhir tersebutlah yang paling mudah berubah dibandingkan dengan unsure lainnya; akan tetapi, perubahan masyarakat Indonesia dari masyarkat pertanian ke masyarakat industri dan masyarakat informasi telah meyebabkan keseluruhan unsure-unsur tersebut akan mengalami pengaruh yang kuat. Oleh karena itu, manusia Indonesia tidak hanya dipengaruhi oleh budaya setempat (sesuai etnis yang ada di nusantara) dan budaya Indonesia (yang berkembang dari puncak budaya –budaya nusantara tersebut), tetapi juga menerima berbagai pengaruh “budaya dunia” (Refleksi, 1990: 3-4). Dalam menghadapi berbagai pengaruh tersebut setiap individu diharapkan dapat menyelaraskannya dengan baik, agar dapat menyesuaikan diri dengan dunia yang selau berubah tersbut dengan berhasil. Saling pengaruh dalam pengembangan kebudayaan di dunia ini, merupakan hal lumrah.

c. Pengembangan Sarana Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam mengan tisipasi masa depan, karena pendidikan selalu berorientasi pada penyiapan peserta didik untuk berperan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pengembangan sarana pendidikan sebagai salah satu prasyarat utama untuk menjemput masa depan dengan segala kesempatan dan tantangannya.
Khusus untuk menyongsong era globalisasi yang makin tidak terbendung, terdapat beberapa hal yang secara khusus memerlukan perhatian dalam bidang pendidikan. Santoso S. Hamijoyo (1990:33)mengemukakan lima strategi dasr dalam era globalisasi tersbut yakni:
1. pendidikan untuk pengembangan IPTEK ,dipilih terutama dalam bidang-bidang yang vital, seperti manufacturing pertanian, sebagai modal utama untuk menghadapi globalisasi.
2. pendidikan untuk pengembangan keterampilan manajemen, termasuk bahasa-bahasa asing yang relevan untuk hubungan perdagangan dan politik, sebagai instrument operasional untuk berkiprah dalam globalisasi.
3. pendidikan untuk pengelolaan kependudukan, lingkungan, keluarga berencana, dan kesehatan sebagai penangkal terhadap menurnnya kualitas hidup dan hancurnnya system pendukung kehidupan manusia.
4. pendidkan untuk pengembangan system nilai, termasuk filsafat, agama dan teologi demi ketahanan social-budaya termasuk persatuan dan kesatuan bangsa.
5. pendidikan untuk mempertinggi mutu tenaga kepen didikan dan kepelatihan, termasuk pengelola sistem pendidikan formal dan non formal, demi penggalakan peningkatan pemrataan mutu, relevansi, dan efeisiensi sumber daya manusia secara keseluruhan.
Khusus untuk pendidikan tinggi, terdapat kecenderungan berkembangnya pola pemecahan masalah secara multidisiplin. Oleh karena itu, diperlukan suatu program pendidikan yang kuat dalam dasar keahlian yang akan memperluas wawasan keilmuan dan membuka peluang krjasama dengan bidang keahlian lainnya.

PENUTUP

Kesimpulan
Pendidikan selalu merupakan penyiapan peserta didik bagi peranan di masa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan seharusnya selalu mengantisipasi keadaan masyarakat masa depan. Perubahan keadaan masyarakat masa depan yang berlangsung dengan cepat mempunyai beberapa karateristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di masa depan yaitu:
1. Kecenderungan globalisasi yang makin kuat.
2. Perkembangan iptek yang makin cepat.
3. Perkembangan arus informasi yang makin padat dan cepat.
4. Kebutuhan/tuntutan peningkatan layanan professional dalam berbagai segi kehidupan manusi. Keseluruhan hal itu telah mulai tampak pengaruhnya masa kini, serta diperkirakan akan makinpenting peranannya di masa depan. Masyarakat masa depan dengan ciri globalisasi, kemajuan iptek, dan kesempatan menerima arus informasi yang padat dan cepat, dan sebagainya,telah memerlukan warga yang mau dan mampu menghadapi segala permasalahan serta siap menyesuaikan diri dengan situasi baru tersebut. Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan zaman baru yang akan datang. Pengembangan pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematik-sistematik. Pembanguna manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara Indonesia dalam abad 21 yang akan datang untuk itu diperlukan:
1. Tuntutan bagi manusia masa depan.
2. Upaya mengantisipasi masa depan, utamanya yang berhubungan dengan perubahan nilai dan sikap sebagai manusia modern, pengembangan kehidupan dan kebudayaan, serta pengembangan sarana pendidikan.


Daftar Pustaka
• Prof. Dr. Tirtarahardja U dan Drs. La Sulo S. L., 2005, Pengantar Pendidikan, Jakarta; Rineka Cipta.
Makalah By:
Raflen A. Gerungan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Manado

Selasa, 16 November 2010

I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Kalimantanadalah nama bagian wilayah Indonesia di Pulau Borneo Besar;yaitu pulau terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan Seluruh Pulau Irian.Kalimantan meliputi 73 % massa daratan Borneo. Terdapat empat propinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, luas seluruhnya mencapai 549.032 km2.Luasan ini merupakan 28 % seluruh daratan Indonesia. Kalimantan Timur saja merupakan 10% dari wilayah Indonesia. Bagian utara Pulau Borneo meliputi negara bagian Malaysia yaitu Serawak dan Sabah, dan Kesultanan Brunei Darusallam.Batasan wilayah secara politik yang ada sekarang ini mencerminkan kepentingan penjajah masa lampau. Secara geografis pulau Kalimantan (Indonesia), terletak diantara 4024` LU- 40 10` LS dan anatara 1080 30` BT -1190 00` BT dengan luas wilayah sekitar535.834 km2. Berbatasan langsung dengan negara Malaysia (Sabah dan Serawak) di sebelah utara yang panjang perbatasannya mencapai 3000 km mulai dari proinsi Kalimantan Barat sampai dengan Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan sebagaian besar merupakan daerah pegunungan / perbukitan (39,69 %), daratan (35,08 %), dan sisanya dataran pantai/ pasang surut (11,73 %) dataran aluvial (12,47 %), dan lain lain (0,93 %).Pada umumnya topografi bagian tengah dan utara (wilayah republik Indonesia/RI) adalah daerah pegunungan tinggi dengan kelerengan yang terjal dan merupakan kawasan hutan dan hutan lindung yang harus dipertahankan agar dapat berperan sebagai fungsi cadangan air dimasa yang akan datang. Pegunungan utama sebagai kesatuan ekologis tersebut adalah Pegunungan Muller, Schwaner, Pegunungan Iban dan Kapuas Hulu serta dibagian selatan Pegunungan Meratus. Para Ahli agronomi sepakat bahwa tanah-tanah di Kalimantan adalah tanah yang sangat miskin, sangat rentan dan sangat sukar dikembangkan untuk pertanian. Lahan daratan memerlukan konservasi yang sangat luas karena terdiri dari lahan rawa gambut, lahan bertanah asam, berpasir, dan lahan yang memiliki kelerengan curam. Kalimantan dapat dikembangkan BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Kalimantanadalah nama bagian wilayah Indonesia di Pulau Borneo Besar;yaitu pulau terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan Seluruh Pulau Irian.Kalimantan meliputi 73 % massa daratan Borneo. Terdapat empat propinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, luas seluruhnya mencapai 549.032 km2.Luasan ini merupakan 28 % seluruh daratan Indonesia. Kalimantan Timur saja merupakan 10% dari wilayah Indonesia. Bagian utara Pulau Borneo meliputi negara bagian Malaysia yaitu Serawak dan Sabah, dan Kesultanan Brunei Darusallam.Batasan wilayah secara politik yang ada sekarang ini mencerminkan kepentingan penjajah masa lampau. Secara geografis pulau Kalimantan (Indonesia), terletak diantara 4024` LU- 40 10` LS dan anatara 1080 30` BT -1190 00` BT dengan luas wilayah sekitar535.834 km2. Berbatasan langsung dengan negara Malaysia (Sabah dan Serawak) di sebelah utara yang panjang perbatasannya mencapai 3000 km mulai dari proinsi Kalimantan Barat sampai dengan Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan sebagaian besar merupakan daerah pegunungan / perbukitan (39,69 %), daratan (35,08 %), dan sisanya dataran pantai/ pasang surut (11,73 %) dataran aluvial (12,47 %), dan lain lain (0,93 %).Pada umumnya topografi bagian tengah dan utara (wilayah republik Indonesia/RI) adalah daerah pegunungan tinggi dengan kelerengan yang terjal dan merupakan kawasan hutan dan hutan lindung yang harus dipertahankan agar dapat berperan sebagai fungsi cadangan air dimasa yang akan datang. Pegunungan utama sebagai kesatuan ekologis tersebut adalah Pegunungan

Adi Warsito
 Lihat Profil
    Jadikan teman    Kirim Pesan
   Guru Fisika di sekolah menengah yang suka membaca dan menulis  Terjadinya Pulau Sulawesi (1) OPINI
  Adi Warsito |  16 Juli 2010  |  19:55  81  2 1 dari 2 Kompasianer menilai Bermanfaat.
“Pada mulanya belum ada Sulawesi. Yang
 ada hanyalah laut di antara dua pulau. Lalu kedua pulau itu bertabrakan. Maka jadilah pulau Sulawesi. Itu sebabnya pinggangnya bergunung-
gunung, banyak sungai, dan banyak besi, banyak emas” Begitulah
 kata-kata orang tua (pakada tomatua). Mitologi Toraja lain lagi, dalam mitologi toraja digambarkan bahwa penutup bumi dulunya terlalu kecil, sehingga para dewata mengurut-urut bola bumi, supaya bajunya pas. Tahu-tahu, kebesaran, sehingga terjadilah kerut-kerut dan lipatan-lipatan yang merupakan asal usul gunung gunung. Profesor John A. Katili, ahli geologi Indonesia yang merumuskan geomorfologi Pulau Sulawesi  bahwa terjadinya Sulawesi akibat tabrakan dua pulau (Sulawesi bagian Timur dan Sulawesi bagian Barat) antara 19 sampai 13 juta tahun yang lalu, terdorong oleh tabrakan antara lempeng benua yang merupakan fundasi Sulawesi Timur bersama Pulau-Pulau Banggai dan Sula, yang pada gilirannya merupakan bagian dari lempeng Australia, dengan Sulawesi Barat yang selempeng dengan pulau-pulau Kalimantan, Jawa dan Sumatra, Sulawesi menjadi salah satu wilayah geologis paling rumit di dunia. Sederhananya boleh dikata bahwa busur Sulawesi Barat lebih vulkanis, dengan banyak gunung berapi aktif di Sulawesi Utara dan vulkan mati di Sulawesi Selatan. Sedangkan busur Sulawesi Timur, tidak ada sisa-sisa vulkanisme, tapi lebih kaya mineral. Sumber-sumber minyak dan gas bumi dari zaman Tertiary tersebar di kedua busur itu, terutama di Teluk Tomini, Teluk Tolo, Teluk Bone, serta di Selat Makassar. Perbedaan geomorfologi kedua pulau yang bertabrakan secara dahsyat itu menciptakan topografi yang bergulung gulung, di mana satu barisan gunung segera diikuti barisan gunung lain, yang tiba-tiba dipotong secara hampir tegak lurus oleh barisan gunung lain. Kurang lebih seperti kalau taplak meja disorong dari beberapa sudut dan arah sekaligus.Makanya jarang kita bisa mendapatkan pemandangan seperti di Jawa, Sumatera, atau Kalimantan, di mana gununggunung seperti kerucut dikelilingi areal persawahan atau hutan sejauh mata memandang. Kecuali di Sulawesi Selatan (itupun di selatan Kabupaten Enrekang), kita sulit menemukan hamparan tanah pertanian yang rata. Sederhananya, Sulawesi adalah pulau gunung, lembah, dan danau, sementara dataran yang subur, umumnya terdapat di sekeliling danau-danau yang bertaburan di keempat lengan pulau Sulawesi. Ekologi yang demikian ikut menimbulkan begitu banyak kelompok etno-linguistik. Setiap kali satu kelompok menyempal dari kelompok induknya dan berpindah menempati sebuah lembah atau dataran tinggi di seputar danau, kelompok itu terpisah oleh suatu benteng alam dari kelompok induknya, dan lewat waktu puluhan atau ratusan tahun, mengembangkan bahasa sendiri. Geomorfologi yang khas ini menyebabkan pinggang Sulawesi Tana Luwu dan Tana Toraja di provinsi Sulawesi Selatan, bagian selatan Kabupaten Morowali, Poso, dan Donggala di provinsi Sulawesi Tengah, dan bagian pegunungan provinsi Sulawesi Barat sangat kaya dengan berbagai jenis bahan galian.Batubara terdapat di sekitar Enrekang, Makale, dan Sungai Karama. Juga di Sulawesi Barat sebelah utara, di mana terdapat tambang batubara dan banyak jenis logam tersebar di berbagai pelosok Sulawesi. Tembaga dan nikel terdapat di sekitar Danau-Danau Matano, Mahalona dan Towuti. Bijih besi bercampur nikel, yang diduga berasal dari meteor, memungkinkan lahirnya pandai besi di lembah-lembah Rampi, Seko dan Rompong di hulu Sungai Kalaena (Luwu Utara) dan di Ussu, dekat Malili (Luwu Timur), yang ilmunya ditularkan ke pandai besi asal Toraja, yang selanjutnya menularkannya ke pandai besi Bugis. Guratan besi-nikel itu dikenal sebagai pamor Luwu atau pamor Bugis oleh empu penempa keris di Jawa, dan membuat Kerajaan Luwu kuno dikenal sebagai pengekspor besi Luwu. Di masa kini, salah satu pusat konsentrasi pandai besi Toraja letaknya di lereng Sesean, gunung tertinggi di Tana Toraja. Bijih emas pun banyak terdapat di pinggang Sulawesi, karena biasanya mengikuti keberadaan bijih tembaga. (Dari berbagai Sumber)  
Alfonsus Simalango
 
Friday, January 8, 2010
GEOMORFOLOGI (DACCIPONG???)
 
BAB I

PENDAHULUAN
 I.1 LATAR BELAKANG Daerah Geologi daerah Barru, Sulawesi Selatan merupakan suatu daerah yang memiliki kapasitas yang baik dalam mengenal ilmu geologi. Pada daerah tersebut terdapat banyak morfologi serta bentukan alam yanh dapat diamati serta dipelajari secara langsung. Namun kurang pengetahuan warga sekitar akan hal tersebut membuat para ahli geologi harus melakukan penelitian tersebut agar masyarakat dapat mengamati dan mempelajarinya, sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Sebagai salah satu contoh dari penelitian tersebut ialah dengan adanya kegiatan penelitian dari para mahasiswa di daerah Barru, Sulawesi Selatan. Dimana para mahasiswa geologi harus dapat memecahkan fenomena serta kejadian geologi yang ada di daerah tersebut, seperti dengan mengambil beberapa data geologi yang ditemukannya yang akan dituangkan dalam bentuk laporan. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian geomorfologi pada daerah ini sebagai bentuk palikasi atau praktek dari teori ilmu yang telah didapatkan, yakni pada daerah Dacipong Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. I.2 MAKSUD DAN TUJUAN Adapun maksud dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengaplikasikan segala ilmu yang telah didapatkan khususnya mengenai morfologi daerah Dacipong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Tujuannya ialah untuk mengetahui segala bentuk kenampakan alam yang ada pada daerah Dacipong, Sulawesi Selatan. 
BAB II

PEMBAHASAN
 Pada penelitian kali ini terdapat 3 lintasan yang dilalui. 1. Lintasan I Lintasan ini dimulai dari kampus UNHAS (Makassar) kemudian menuju Maros dan Pangkep dimana terdapat kenampakan dalam berupa perbukitan yang membulat. Perbukitan ini disusun oleh batugamping, imana bentuk tersebut disebabkan oleh pengaruh struktur serta erosi yang telah berlangsung. Selanjutnya disebelah kiri terdapat kenampakan laut dan disebelah kanannya terdapat kenampakan perbukitan yang mendapat pengaruh vulkanisme hal ini dikaitkan dengan adanya brekasi vulkanik aglo,erat. Kemudian pada daerah perbatasan menuju daerah Dacipong dijumpai adanya perbedaan tinggi suatu penggunungan yakni pada bagian kiri terdapat pegunungan yang tinggi, sedangkan pada bagian kanan sebaliknya, dan di sepanjang daerah ini dijumpai batuan beku ultra basa peridotie, batuan beku asam dasite, dengan keadaan soil yang tebal serta vegetasi yang tinggi. 2. Lintasan II Lintasan ini dimulai dari Dacipong (kampus lapangan) menuju sungai Watu dan kembali ke kampus lapangan. Pada perjalanan dari Dacipong ke Sungai Watu dijumpai pegunungan yang tidak begitu tinggi dengan tingkat vegetasi yang tinggi serta soil yang tebal. Daerah sekitar ini dimanfaatkan sebagai area persawahan dan pemukiman penduduk. Sungai Watu termasuk sungai berstadia dewasa, yakni terdapat banyak kelokan dan tepinya memiliki banyak endapan dengan tingkat erosi yang cukup tinggi. Adapun singkapan yang terdapat pada daerah ini ialah batuan beku asam granodiorit yang berupa bongkahan besar, kemudian singkapan batugamping batuan sedimen klastik yang memiliki struktur slum. Dimana batuan ini mengalami silifikasi yakni perubahan komposisi kimia dimana beraksi saat ditetesi larutan HCl. Adapun tata guna lahan daerah tersebut ialah sebagai area pemukiman dan sebagai lahan persawahan. 3. Lintasan III Lintasan ini dimulai dari Dacipong menuju Bulu Salebbi kemudian menyusuri Sungai Dengenge dan Sungai Lagola, Bulu Botosowa dan kembali ke Dacipong ( kampus lapangan). Perjalanan dari Dacipong menuju Bulu Salebbi, dijumpai perbukitan yang tinggi di sebelah kanan sedangkan pada bagian kiri sebaliknya yakni Bulu Botosowa dan Bulu Salebbi. Pada jalur ini dijumpai berbagai macam litologi seperti batugamping fosilan karena terdapat fosil didalam pembentukannya. Kemudian ditemukannya Semicoal atau Batubara muda dengan tingkat pelapukan yang tinggi, vegetasi tinggi serta keaaan soil yang cukup tebal. Selanjutnya terdapat litologi batuan beku asam trachyt yang berasal dari proses kristalisasi magma yang kemudian mengalami intrusi. Dijumpai 2 perbukitan dengan litologi yang berbeda yakni bukit dengan litologi batuan beku dan gamping serta relief pedataran antara bukit tersebut. Kemudian di sepanjang Sungai Dengenge dan Lagola terdapat litologi yang berbeda-beda yakni batuan beku, sedimen, metamorf dengan karateristik berbeda, misalnya sekis muscovit dah phylite. Dimana sekis Muscovite terbentuk dar proses metamorfisme regional dimana faktor suhu dan tekanan memiliki peranan dalam pembentukannya, sedangkan phylite merupakan ubahan dari mineral-mineral lempung.  Tingkat pelapukan pada Sungai Dengenge dan Lagola tergolong tinggi dan termasuk dalam stadia dewasa. Pada Sungai Lagola dijumpai singkapan batuan sedimen konglomerat dmana perlapisannya terdiri dari material halus hingga kasar. Selanjutnya Bulu Botosowa merupakan bukit yang memiliki bermacam-macambatuan seperti batuanpasir dan trachyt dengan tinggi yang sedang, tingkat pelapukan tinggi serta vegetasi yang tinggi.   BAB III

KESIMPULAN
 Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian morfologi pada daerah Dacipong Kabupaten Barru Sulawesi Selatan ialah bahwa pada daerah ini terdapat berbagai macam relief, baik dalam bentuk pegunungan, bukit, maupun sungainya. Serta berbagai macam litologi di dalamnya seperti batuan beku, sedimen dan metamorf serta berbagai bentuk data geomorfologi seperti tata guna lahan, tingkat pelapukan, vegetasi, soil, dan sebagainya.  
Kata Pengantar
 Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan laoran ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan laporan ini. Laporan ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Morfologi daerah Dacipong dan sekitarnya, dimana daerah ini merupakan daerah penelitian study geomorfologi.  Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Makassar, 26 November 2009 Penyusun

Bagaimana Pulau Sulawesi Memiliki Keunikannya Yang Sekarang?
Terjadinya Pulau Sulawesi :
“Pada mulanya belum ada Sulawesi. Yang
 ada hanyalah laut di antara dua pulau. Lalu kedua pulau itu bertabrakan. Maka jadilah pulau Sulawesi. Itu sebabnya pinggangnya bergunung-
gunung, banyak sungai, dan banyak besi, banyak emas” Begitulah
 kata-kata orang tua (pakada tomatua). Mitologi Toraja lain lagi, dalam mitologi toraja digambarkan bahwa penutup bumi dulunya terlalu kecil, sehingga para dewata mengurut-urut bola bumi, supaya bajunya pas. Tahu-tahu, kebesaran, sehingga terjadilah kerut-kerut dan lipatan-lipatan yang merupakan asal usul gunung gunung. Profesor John A. Katili, ahli geologi Indonesia yang merumuskan geomorfologi Pulau Sulawesi bahwa terjadinya Sulawesi akibat tabrakan dua pulau (Sulawesi bagian Timur dan Sulawesi bagian Barat) antara 19 sampai 13 juta tahun yang lalu, terdorong oleh tabrakan antara lempeng benua yang merupakan fundasi Sulawesi Timur bersama Pulau-Pulau Banggai dan Sula, yang pada gilirannya merupakan bagian dari lempeng Australia, dengan Sulawesi Barat yang selempeng dengan pulau-pulau Kalimantan, Jawa dan Sumatra, Sulawesi menjadi salah satu wilayah geologis paling rumit di dunia. Sederhananya boleh dikata bahwa busur Sulawesi Barat lebih vulkanis, dengan banyak gunung berapi aktif di Sulawesi Utara dan vulkan mati di Sulawesi Selatan. Sedangkan busur Sulawesi Timur, tidak ada sisa-sisa vulkanisme, tapi lebih kaya mineral. Sumber-sumber minyak dan gas bumi dari zaman Tertiary tersebar di kedua busur itu, terutama di Teluk Tomini, Teluk Tolo, Teluk Bone, serta di Selat Makassar. Perbedaan geomorfologi kedua pulau yang bertabrakan secara dahsyat itu menciptakan topografi yang bergulung gulung, di mana satu barisan gunung segera diikuti barisan gunung lain, yang tiba-tiba dipotong secara hampir tegak lurus oleh barisan gunung lain. Kurang lebih seperti kalau taplak meja disorong dari beberapa sudut dan arah sekaligus.Makanya jarang kita bisa mendapatkan pemandangan seperti di Jawa, Sumatera, atau Kalimantan, di mana gununggunung seperti kerucut dikelilingi areal persawahan atau hutan sejauh mata memandang. Kecuali di Sulawesi Selatan (itupun di selatan Kabupaten Enrekang), kita sulit menemukan hamparan tanah pertanian yang rata. Sederhananya, Sulawesi adalah pulau gunung, lembah, dan danau, sementara dataran yang subur, umumnya terdapat di sekeliling danau-danau yang bertaburan di keempat lengan pulau Sulawesi. Ekologi yang demikian ikut menimbulkan begitu banyak kelompok etno-linguistik. Setiap kali satu kelompok menyempal dari kelompok induknya dan berpindah menempati sebuah lembah atau dataran tinggi di seputar danau, kelompok itu terpisah oleh suatu benteng alam dari kelompok induknya, dan lewat waktu puluhan atau ratusan tahun, mengembangkan bahasa sendiri. Geomorfologi yang khas ini menyebabkan pinggang Sulawesi Tana Luwu dan Tana Toraja di provinsi Sulawesi Selatan, bagian selatan Kabupaten Morowali, Poso, dan Donggala di provinsi Sulawesi Tengah, dan bagian pegunungan provinsi Sulawesi Barat sangat kaya dengan berbagai jenis bahan galian.Batubara terdapat di sekitar Enrekang, Makale, dan Sungai Karama. Juga di Sulawesi Barat sebelah utara, di mana terdapat tambang batubara dan banyak jenis logam tersebar di berbagai pelosok Sulawesi. Tembaga dan nikel terdapat di sekitar Danau-Danau Matano, Mahalona dan Towuti. Bijih besi bercampur nikel, yang diduga berasal dari meteor, memungkinkan lahirnya pandai besi di lembah-lembah Rampi, Seko dan Rompong di hulu Sungai Kalaena (Luwu Utara) dan di Ussu, dekat Malili (Luwu Timur), yang ilmunya ditularkan ke pandai besi asal Toraja, yang selanjutnya menularkannya ke pandai besi Bugis. Guratan besi-nikel itu dikenal sebagai pamor Luwu atau pamor Bugis oleh empu penempa keris di Jawa, dan membuat Kerajaan Luwu kuno dikenal sebagai pengekspor besi Luwu. Di masa kini, salah satu pusat konsentrasi pandai besi Toraja letaknya di lereng Sesean, gunung tertinggi di Tana Toraja. Bijih emas pun banyak terdapat di pinggang Sulawesi, karena biasanya mengikuti keberadaan bijih tembaga. (Dari berbagai Sumber) Pada masa-masa awal sejarahnya, bumi konon hanya terdiri dari satu benua saja, yaitu super-benua Pangea. Kira-kira 240 juta tahun yang lalu, super-benua ini pecah menjadi dua bagian, yakni Laurasia di bagian utara dan Gondwana di bagian selatan. Gondwana kemudian pecah menjadi beberapa bagian, diantaranya ada yang menjadi benua Australia. Kemudian, pinggiran utara benua Australia juga pecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil yang hanyut kesana-kemari. Kira-kira 26 juta tahun lalu ada dua potongan dari pecahan ini yang siap untuk membentuk pulau Sulawesi, yaitu potongan Sulawesi Barat (sekarang semenanjung utara dan selatan) dan potongan Sulawesi Timur (sekarang semenanjung tenggara dan tengah). Potongan Sulawesi Timur kemudian melengkung menjadi seperti mata panah yang tajamnya mengarah ke barat, lalu menabrak potongan Sulawesi Barat di bagian tengahnya. Akibatnya, potongan Sulawesi Barat ikut melengkung dan kedua potongan ini membentuk pulau Sulawesi sebagaimana yang kita lihat sekarang. Sewaktu terlepas dari Australia, potongan Sulawesi barat yang masih menyatu dengan bakal pulau Sumatera dan Kalimantan sekarang pernah hanyut dan bersentuhan dengan benua Asia. Akibatnya antara lain adalah berpindahnya binatang dan tumbuhan Asia yang sedang berevolusi ke potongan Sulawesi Barat. Sementara, potongan Sulawesi Timur sendiri merupakan potongan yang terlepas dari Irian (yang menyatu dengan benua Australia). Tentu saja potongan ini membawa tumbuhan dan binatang Australia. Dengan demikian, Sulawesi yang sekarang mewarisi fauna-flora Asia maupun Australia. Anoa (Bubalus spp.) dan Monyet (Macaca spp.) adalah contoh binatang-binatang yang nenek moyangnya berasal dari Asia. Anoa konon berasal dari sejenis kerbau Asia yang tiba di Sulawesi sekitar beberapa juta tahun lalu. Sementara nenek moyang Monyet sulawesi, yang diperkirakan berasal dari sejenis monyet di Kalimantan. Sebaliknya, Kuskus beruang (Ailurops ursinus) dan Kuskus kerdil (Strigocuscus celebensis) merupakan contoh binatang-binatang yang bercikal bakal Australasia. Di Sulawesi, jenis-jenis ini mengalami pengucilan (terpisah dari populasi asalnya) dan harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ini membuat mereka menjadi jenis-jenis anoa, monyet dan kuskus seperti yang kita lihat sekarang, dan masing-masing mereka tidak saja berbeda dengan nenek moyangnya, tapi juga berbeda dengan kerabat-kerabatnya yang ada di Asia sekarang. Semua proses di atas menjadikan keragaman hayati Sulawesi dewasa ini kaya dan unik.
UNIVERSITI SAINS MALAYSIA
Peperiksaan Semester Kedua
Sidang Akademik 2000/2001
Februari/Mac 2001
HGF 324 – Geomorfologi dan Hidrologi
Masa : 3 jam
Sila pastikan bahawa kertas peperiksaan ini mengandungi TIGA muka surat
yang bercetak sebelum anda memulakan peperiksaan ini.
Jawab EMPAT [4] soalan. Jawab DUA [2] dari setiap bahagian
Bahagian A:
1. [a] Jelaskan 2 faktor utama yang menyebabkan data hujan yang
direkod di sesuatu stesen tidak konsisten.
[10 markah]
[b] Huraikan kaedah yang boleh digunakan untuk menentukan
sama ada data hujan di sesuatu stesen itu konsisten atau tidak.
[15 markah]
2. ”Sejak kebelakangan ini, isu berkaitan dengan kualiti air adalah lebih
penting berbanding dengan isu kuantiti air”. Bincangkan pernyataan ini
dengan merujuk kepada situasi sumber air di Malaysia.
[25 markah]
3. [a] Huraikan factor-faktor utama yang mengawal jumlah sejatan
dari permukaan air dan permukaan yang dilitupi oleh tumbuhtumbuhan.
[20 markah]
…2/-
- 2 - [HGF 324]
[b] Jadual 1 menunjukkan jumlah sejatan harian dari tangki sejatan
kelas A yang diletak berhampiran dengan sebuah tasik.
Sekiranya luas permukaan tasik adalah 500 hektar dan
koefisien tangki sejatan adalah 0.8, kira jumlah air yang hilang
dari tasik dalam liter.
[5 markah]
Jadual 1 – Jumlah Sejatan Dari Tangki Sejatan
Hari 1 2 3 4 5 6
Sejatan dari tangki
sejatan (cm)
1.5 2.2 0.6 1.2 0.7 1.7
4. [a] Dengan menggunakan gambarajah yang sesuai jelaskan
maksud akuifer bebas dan akuifer tertekan.
[10 markah]
[b] Bincangkan peranan air tanah dalam kitaran hidrologi.
[15 markah]
Bahagian B:
5. Horton (1932) menyatakan air larian permukaan adalah lebihan hujan
selepas berlaku infiltrasi. Bincangkan pernyataan di atas dalam kontek
guna tanah kawasan lembangan saliran.
[25 markah]
6. [a] Jelaskan komponen-komponen hidrograf aliran sungai
[5 markah]
[b] Huraikan bagaimana komponen ini boleh berbeza antara satu
sungai dengan sungai yang lain.
[20 markah]
…3/-
- 3 - [HGF 324]
7. Sebagai ahli hidrologi anda diarahkan menyiapkan satu laporan
hidrologi untuk pembangunan sesuatu kawasan tadahan. Huraikan
dengan memberikan contoh bagaimana anda melakukan analisis
luahan menggunakan Kaedah Rasional untuk beberapa kes senario
pembangunan dalam kawasan tadahan anda.
[25 markah]
8. [a] Huraikan beberapa ukuran morfometri lembangan saliran dan
pertaliannya dengan luahan.
[18 markah]
[b] Kira luahan anak sungai yang diempang dengan struktur kawalan
bentuk segitiga tajam sudut bukaan 120o di mana ketinggian
paras airnya ialah 30cm.
[7 markah]
- ooo 0 ooo -
1 / 15

Kondisi Geomorfologi Pulau Sumatera

Pulau Sumatra luasnya ±435.000 km2 hampir sama dengan luas negara Inggris. Sumatra mempunyai bentuk memanjang, dari Kota Raja di bagian utara sampai Tanjung Cina di bagian selatan sepanjang 1650 km dan sepanjang pantai banyak teluk-teluknya. Pantai barat melengkung, sebarannya di Teluk Tapanuli, sedangakan di pantai timur sungai-sungainya besar dan melebar, sehingga membentuk estuarium yang dangkal pada muaranya. Pada ujung selatan pulau ini terdapat 2 teluk penting yang menjorok ke daratan ±50 km. Teluk- teluk tersebut meliputi Teluk Lampung (dengan Teluk Betung) dan pelabuhan timur “EAS HARBOUR” dan Teluk Semangko (dengan Kota Agung).

Gambaran secara umum keadaan fisiografi pulau itu agak sederhana. Fisiografinya dibentuk oleh rangkaian Pegunungan Barisan di sepanjang sisi baratnya, yang memisahkan pantai barat dan pantai timur. Lerengnya mengarah ke Samudera Indonesia dan pada umumnya curam. Hal ini mengakibatkan jalur pantai barat kebanyakan bergunung-gunung kecuali dua ambang dataran rendah di Sumatera Utara (Melaboh dan Singkel/Singkil) yang lebarnya ±20 km. Sisi timur dari pantai Sumatra ini terdiri dari lapisan tersier yang sangat luas serta berbukit-bukit dan berupa tanah rendah aluvial.  Jalur rendah terdapat di bagian timur. Pada bagian ini banyak mengandung biji intan tersebar di Aceh yang lebarnya 30 km. Semakin ke arah selatan semakin melebar dan bertambah hingga 150-200 km yang terdapat di Sumatra Tengah dan Sumatra Selatan.
1. Rangkaian Bukit Barisan.
Elemen orografis yang utama adalah Bukit Barisan yang panjangnya 1650 km dan lebarnya ±100 km (puncak tertingginya ialah Gunung Kerinci dan Gunung Indrapura 3800 m). Bukit Barisan merupakan rangkaian sejumlah pegunungan yang sejajar atau colisses yang setelah cabang lainnya ke luar dari arah pokok barat laut tenggara, dikatakan bahwa arahnya lebih ke arah timur barat dan merosot (menurun) ke arah tanah rendah di bagian timur. Di antara Sungai Wampu dan Barumun merupakan Pegunungan Barisan yang bercorak empat persegi panjang (sumbu barat laut tenggara 275 km panjangnya dan 150 km lebarnya). Puncak ini disebut Batak Tumor. Pada bagian puncak yang mempunyai ketinggian 2000 m (sibutan 2457 m) terdapat kawah besar Toba yang panjangnya 31 km, serta luasnya 2269 km2, sedangkan Danau Toba panjangnya 87 km dan luasnya 1776,5 km2 (termasuk Pulau Samosir).
Sistem Barisan di Sumatra Tengah terdiri dari beberapa pegunungan blok. Bagian yang paling sempit pada peralihan Batak Tumor (75 m) yang kemudian melebar menjadi 175 m pada irisan penampang bukit Padang. Perbukitan yang tertinggi terletak di bagian barat daya dengan ketinggian lebih dari 2000 m, kemudian berangsur-angsur semakin rendah ke arah dataran rendah Sumatra Timur (Lisun-Kuantan-Lalo 1000 m dan Suligi Lipat Kain ketinggiannya lebih dari 500 m).
TOBLER (1971) membedakan elemen-elemen tektonis dan morfologi Sumatra sebagai berikut:
a. Dataran alluvial terbentang di pantai timur.
b. Tanah endapan/ Foreland tersier (peneplain) dengan Pegunungan Tiga Puluh
c. Depresi sub Barisan
d. Barisan depan / fore barisandengan masa lipatan berlebihan (over thrust masses)
e. Scheifer Barisan dengan lipatan yang hebat dan batuan metamorf.
f. Barisan tinggi/ High Barisan dengan vulkan- vulkan muda.
g. Dataran alluvial terbentang di pantai barat.
Berdasarkan kajian perkembangan geologi, Pulau Sumatra dibedakan menjadi: Basin Tersier di Sumatra Timur (a-c) disebut zone I, rangkaian pegunungan berbongkah di sebelah utara Umbilin disebut zone II, Fore barisan merupakan zone III, The Schiefer Barisan (e) tergolong zone IV kecuali zone Schiefer Barisan di sebelah utara Padang, dan High Barisan (f) termasuk zone V. Zone II dan III termasuk unsur luar terletak di sisi timur dari Bukit Barisan. Lengkung geantiklin di Bukit Barisan terangkat pada zaman Pleistosen merupakan zone IV dan V.
Elemen-elemen tektonis dan morfologi Sumatra (Verstappen)
 Dataran pantai barat (pantai abrasi), merupakan daerah yang sempit, bahaya terkena erosi dan abrasi, pantainya berpasir dan tidak cocok untuk dijadikan sebagai permukiman.
 Landas Bengkulu. Merupakan kawasan lahan rusak di sebelah barat bukit barisan dan banyak tererosi, serta memiliki lereng yang terjal.
 Deretan pegunungan vulkan muda. Daerahnya sempit dan erosinya tinggi.
 Depresi sub barisan (lembah bongkah semangka). Tidak cocok sebagi tempat hidup karena sangat sempit.
 Daerah Basalt Sukadana Lampung. Irigasnya sangat sulit karena tidak terdapat simpanan air.
 Landaian sebelah timur. Cocok bila dijadikan sebagai tempat hidup karena tanahnya datar. Dimanfaatkan sebagai daerah transmigrasi. Daerah ini berkembang menjadi daerah transmigrasi terluas di Sumatera.
 Dataran aluvial pantai timur. Merupakan daerah Rawa Payau.
2. Zone Semangka
Zone ini merupakan suatu corak permukaan yang mencerminkan karakteristik dari Geantiklin Barisan sepanjang pulau itu secara keseluruhan, yang dinamakan jalur depresi- menengah pada puncak yang disebut Semangko Rift Zone. Zone Semangko ini terbentang mulai dari teluk semangko di Sumatera Selatan dan berkembang lebih jauh ke arah Trog lembah Aceh dengan Kota Raja sebagai ujung utaranya. Di beberapa jalur ini terisi dan tertutup oleh vulkan-vulkan muda.
3. Arah Struktur Pokok
Secara umum arah struktur pokok dari Pulau Sumatra adalah:
 Sisi barat Geantiklin Barisan terbentang di sebelah barat jalur Semangko berada pada setengah Pulau Sumatera di sebelah selatan Padang tepatnya. Sisi baratnya terbentuk oleh blok kerang yang panjang dan miring ke Samudera Hindia, dan disebut Block Bengkulu.
 Gawir sesar sepanjang jalur semangko memisahkan pantai barat dan timur. Disebut juga Bukit Barisan Sensu stricto atau barisan tinggi.
 Ujung selatan bukit barisan adalah daerah Lampung.
 Di antara Padang dan Padang Sidempuan struktur geantiklinal Bukit Barisan tidak menentu. Geantiklinal block pegunungan yang memanjang di sisi timur, sama dengan daerah di sisi barat sungai subsekuen dan cabang-cabangnya.
 Batak Tumor yang merupakan lanjutan dari Bukit Barisan yang berupa kubah geantiklinal besar yang terpotong oleh jalur Semangko.
 Bukit Barisan di daerah Aceh adalah bagian teruwet pecah menjadi sejumlah pegunungan Block, yaitublock leuser dan pegunungan barat. Kedudukannya searah sisi barat seperti Block Bengkulu.
 Di sebelah barat bukit Barisan terbentang palung antara sistem pegunungan Sunda yang membentuk cekungan laut antara Sumatera dan rangkaian pulau-pulau di baratnya.

geomorfologi

BahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
1
GeomorfologiUmum
1.1DefinisidanRuangLingkupGeomorfologi
GeomorfologisebenarnyaberasaldaribahasaYunaniyanglebihkurangdapatdiartikan“perubahan-perubahanpadabentukmukabumi”.Akantetapisecaraumumdidefinisikansebagaiilmuyangmempelajaritentangalam,yaitumeliputibentuk-bentukumumromanmukabumisertaperubahan-perubahanyangterjadisepanjangevolusinyadanhubungannyadengankeadaanstrukturdibawahnya,sertasejarahperubahangeologiyangdiperlihatkanatautergambarpadabentukpermukaanitu(AmericanGeologicalInstitute,1973).DalambahasaIndonesiabanyakorangmemakaikatabentangalamsebagaiterjemahangeomorfologi,sehinggakatageomorfologisebagaiilmudapatditerjemahkanmenjadiIlmuBentangalam.Selainitukatageomorfologidipakaipulauntukmenyatakanromanmukabumi,umpamanyabilaorangmenceriterakankeadaanmukabumisuatudaerahdapatdikatakanpulaorangmenceritakangeomorfologidaerahituataubentangalamdaerahitu.Mula-mulaorangmemakaikatafisiografiuntukilmuyangmempelajariromanmukabumiini.DiEropafisiografididefinisikansebagaiilmuyangmempelajarirangkumantentangiklim,meteorologi,oceanografi,dangeografi.Akantetapiorang,terutamadiAmerika,tidakbegitusependapatuntukmemakaikatainidalambidangilmuyanghanyamempelajariromanmukabumisajadanlebiherathubungannyadengangeologi.Merekalebihcenderunguntukmemakaikatageomorfologi.Seringkeduakataitudicampur-adukkan.AgaknyabaganpadaGambar1dapatmembantumembedakankeduakataitu.
1.2SejarahGeomorfologi
Pengetahuantentanggeomorfologi,sebagaimanajugadenganilmu-ilmuyanglain,dimulaidenganmunculnyaahli-ahlifilsfatYunanidanItali.Sebegitujauh,HERODUTUS(485–425S.M.)yangdianggapsebagai“bapaksejarah”dikenalpulamempunyaipikiran-pikirantentanggeologi,termasukjugatentangperubahanmukaairlaut,salahsatugejalageomorfologiyangiaperhatikandiMesir.Kemudianbanyakpulaahlifilsafatlainnyayangmenyinggungtentanggeomorfologiini.DapatdisebutkandisiniantaralainARISTOTLE,STRABOdanSANECAyangkesemuanyapadaakhirnyamenerangkangejala-gejalaalamsebagaisuatukutukanTuhanataudikenaldengannamaTeoriMalapetaka.Berabad-abadkemudian,konsepinisedikitdemisedikitberubah.Orangmulaimengenalfilsafatkatatrofismayangmengatakanbahwasemuagejalaalamitusebagaiakibatpembentukandanperusakanyangrelatifterjadidengantiba-tiba,sehinggamenyebabkanperubahanbentukmukabumi.JAMESHUTTON(1726–1797)dikenalsebagai“bapakgeologimodern”yangmenerangkangejala-gejalageologisebagaigejala-gejalaalamyangdapatkitakenalsehari-hari,sangatbertentangandenganteorikatatrofismayangmenganggapbahwakejadiangeologirelatifmengambilwaktuyangamatsingkat.AtasdasaritukemudianteoriyangdikemukakanHUTTONdisebutorangsebagaiteoriuniformitarianisma,danterkenaldengandalilnyayangmenyatakanbahwa“hariiniadalahkuncidarikejadianpadamasalampau”atauistilahasingnyaadalahthepresentisthekeytothepast.Padamasasekaranggeomorfologibukansajameliputibidangyangstatis,yanghanyamempelajaribentuk-bentukromanmukabumi,akantetapijugamerupakanilmuyangdinamisyangdapatmeramalkankejadianalamsebagaihasilinterpolasi.Selainitupemerianbentukromanmukabumidapatdinyatakandenganbesaran-besaranmatematikasepertikitakenaldengannamageomorfologikuantitatif.SebagaipemukanyadapatdicatatSTRAHLERyangmembuatanalisapengaliransungaisecaramatematika.DiIndonesia,bebrapahasilpenyelidikangeomorfologidapatdijumpaiterutamayangditulisolehahli-ahliBelandapadazamansebelumperang.Diantarakarya-karyageomorfologiitupatutdikemukakandisinipenyelidikangeomorfologiKulonProgoyangdilakukanolehPANNEKOEK(1939).Selainitu,sesudahBahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
2
perangpunahli-ahligeologiBelandabanyakpulamenulistentanggeomorfologiIndonesia.VERSTAPPEN(1973)menulistentanggeomorfologiPulauSumaterasecaraluasdanmenyeluruh.
Gambar1.1.HubunganantaraGeomorfologidenganilmu-ilmulaindandaerahgerakGeomorfologi
1.3KonsepDasarGeomorfologi
Thornbury(1969)dalambukuyangberjudulPrinciplesofGeomorphologymengemukakan10konsepdasardalamgeomorfologi,yaitu:i.Proses-prosesfisikdanhukumnyayangterjadisaatiniberlangsungselamawaktugeologi;ii.Strukturgeologimerupakanfaktorpengontrolyangdominandalamevolusibentuklahan(landforms);iii.Tingkatperkembanganreliefpermukaanbumitergantungpadaproses-prosesgeomorfologiyangberlangsung;iv.Proses-prosesgeomorfikterekampadalandformsyangmenunjukankarakteristikprosesyangberlangsung;v.Keragamanerosionalagentstercerminpadaprodukdanurutanlandformsyangterbentuk;vi.Evolusigeomorfologibersifatkompleks;vii.ObyekalamdipermukaanbumiumumnyaberumurlebihmudadariPleistosen;viii.InterpretasiyangsempurnamengenailandscapesmelibatkanberagamfaktorgeologidanperubahaniklimselamaPleistosen;ix.Apresiasiiklimglobaldiperlukandalammemahamiproses-prosesgeomorfikyangberagam;BahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
3
x.Geomorfologi,umumnyamempelajarilandforms/landscapesyangterjadisaatinidansejarahpembentukannya.
Gambar1.2.Pengaruherosipadazonasesarmenghasilkanbentukbentangalamyangkhas(Strahler&Strahler,1984)BahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
4
PROSESGEOMORFOLOGI
Prosesgeomorfologiadalahperubahan-perubahanbaiksecarafisikmaupunkimiawiyangdialamipermukaanbumi.Penyebabprosestersebutyaitubenda-bendaalamyangkitakenaldengannamageomorphicagent,berupaairdanangin.Termasukdidalamgolongangeomorphicagentairialahairpermukaan,airbawahtanah,glacier,gelombang,arus,danairhujan.Sedangkananginterutamamengambilperananyangpentingditempat-tempatterbukasepertidipadangpasiratauditepipantai.Keduapenyebabinidibantudenganadanyagayaberat,dankesemuanyabekerjabersama-samadalammelakukanperubahanterhadapromanmukabumi.Tenaga-tenagaperusakinidapatkitagolongkandalamtenagaasalluar(eksogen),yaituyangdatangdariluarataudaripermukaanbumi,sebagailawandaritenagaasaldalam(endogen)yangberasaldaridalambumi.Tenagaasalluarpadaumumnyabekerjasebagaiperusak,sedangkantenagaasaldalamsebagaipembentuk.Keduatenagainipunbekerjabersama-samadalammengubahbentukromanmukabumiini.ProsesgeomorfologiyangkitakenaldapatdiintisarikansepertiterlihatpadabagandiGambar2.1.
PEMBENTUKAN
PENGRUSAKAN
PENGANGKUTAN
PEMBENTUKAN
TenagaAsaldalamPembentukanstrukturPembentukangunungapi
PENGRUSAKAN
TenagaAsalluarGradasi(perataan)PelapukanTenagadariluarbumiJatuhanMeteorit
PENGANGKUTAN
TenagaAsalluarPengangkutanbahan(masswasting)Erosioleh:AirpermukaanAirbawahtanahGelombangArusAnginEsPengrusakandanpengangkutanolehorganisma,termasukmanusiaBahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
5
Gambar2.1.BaganprosespembentukanromanmukabumiGradasi(gradation)adalahprosespermukaanbumimenujuperataan.Perataanpadabidangyanglebihtinggiletaknyadaripadabidangmulaasalnyamisalnyadenganadanyapenumpukkanbahan-bahandinamakandenganprosesagradasi(agradation).Sedangkansebaliknyayaitupemindahanbahan-bahandaribidangpermukaanitudinamakandegradasi(degradation)
2.1Degradasi
Prosesdegradasiyangtelahkitakenaldapatdikelompokkanmenjaditiga,yaitupelapukan,pengangkutanbahan,danerosi.Berikutiniketigaprosestersebutdibahassecaraumum.
a.Pelapukan
Berdasarkanbeberapadefinisidariparapakar(Strahler&Strahler,1984;Thornburry,1969;Cargo&Mallory,1974;VonEngeln,1960;dll.)dapatdisimpulkanbahwapelapukanadalahprosespenghancuranbatuanataupermukaanbumiolehproseskimia,fisika,danbiologi.Pelapukanseringdisebutpulasebagaiprosesdesintegrasiataudekomposisi.Dariketigamacamprosesdegradasiyangtelahdisebutkan,pelapukandianggapsangatpentingkarenadapatmempercepatkeduaproseslainnya.Pelapukanadalahperubahanfisikataukimiawibatuanyangdisebabkankarenaberhubungandenganudara,air,danorganisma.Pelapukandigolongkansebagaipelapukanfisika,pelapukankimiawi,danpelapukanbiologistergantungkepadapenyebabutamanya.Padapelapukanfisik,tenagayangberupatekanandantemperaturmemegangperananyangsangatpenting,sedangkanpadapelapukankimiawireaksikimiamenyebabkanperubahanpadakomposisikimiabatuan.Pelapukanfisikmenyebabkanbatuanberubahukuranmenjadilebihkecilyaitudenganpemecahanataudesintegrasi.Penyebabterjadinyadesintegrasidapatberupapengembangankarenaberkurangnyatekanan,pertumbuhankristal,pengembangandanpengerutankarenapemanasandanpendinginan,sertapengisiankoloid.Batuansangatseringpecahmelaluibidangpelapisannyaolehkarenabidanginilemah.Prosesinidinamakanexfoliation.Gambar2.2memperlihatkanprosespelapukanbatuanyangdikenaldenganpelapukanmengulitbawang.Gambar2.2.ProsespelapukanpadafragmenbreksivulkanikyangtersingkapditepijalanMajalaya–Pacet,KabupatenBandung,JawaBarat.Pelapukankimiawidapatdisebabkankarenaoksidasi,hidrasi,dankarbonisasi.Denganprosesoksidasibatuankemudianmempunyaivolumeyanglebihbesarataumengembangdanberatjenisnyamenjadikecil.OksidasipadabatuanyangmengandungbesimenghasilkanBahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
6
hematiteyangberwarnacoklatkekuning-kuningan.Hidrasimenghasilkanperubahanvolumepadatiapmolekulbatuanyangdisebabkanolehmasuknyaair.Akibatperubahanvolumeinimakabatuanmengelupasmenghasilkankeratan-keratanyangtipis-tipis.Padaproseskarbonisasi,terbentukkarbonatsebagaihasilreaksiasamkarbonatdenganmineralpadabatuan.Batuanyangmudahlarutsepertibatugampingakanmengalamiproseskarbonisasiini.AsamkarbonatterbentukkarenaudarayangmempunyaikandunganCO2bereaksidenganadanyaair.Gambar2.3berikutinimenggambarkanreaksiyangterjadidalampelarutanbatugamping.Denganreaksiinipelapukankimiaberlangsungyangmengakibatkanprosespelarutanpadabatugampingterjadi.
CaCO3+H2O+CO2->Ca(HCO3)2
(batugamping)(air)(udara)(larut)Gambar2.3.Reaksikimiapadaprosespelarutanbatugamping
Pelapukanorganiksebenarnyamerupakankombinasiantarakeduajenispelapukanyangtelahdiuraikansebelumnya,disebabkankarenatumbuh-tumbuhanataupunmakhlukhidup,misalnyaakarpepohonan,cacing,dsb.Baiklarutankimiamaupunenergiyangdihasilkanolehorganisme,dapatmempercepatprosespelapukanbatuan.Pelapukanbatuandisatusisimemilikiperanyangmenguntungkanbagiumatmanusia.Akibatprosespelapukan,batuanyangkerasmenjadilunaksehinggamemudahkanumatmanusiauntukmengelolasuatubentangalamtertentumenjadilahanbudidaya(misalnyalahanpertanian).Gambar2.4menunjukkanprosespembentukantanahakibatadanyapelapukanbatuan.
Gambar2.4.Pembentukantanahakibatprosespelapukanbatuan(Strahler&Strahler,1984)
Pengangkutan(masswasting)
Pengangkutanbahan-bahan(masswasting)adalahpengangkutanmaterialhasilprosespelapukanolehagent-agenttertentu.Padaprosespengangkutan,gayaberatdanairmemegangperananyangsangatpenting.Pengerahanbahan-bahaninidapatberlangsungdengancepatataupunlambat.Berdasarkankecepatannyadanjumlahairyangmengangkutnyaorangmengenaltanahlongsor,debrisavalanches,alirantanah,aliranlumpur,sheetfloods,danslopewash.PadaBahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
7
Gambar2.5berikutditampilkanbaganyangmenjelaskanjenis-jenispengangkutanyangterjadidipermukaanbumi.
MENGALIR
MENGALIRPERLAHAN
RAYAPAN-Rayapantanah-Rayapantalus-Rayapanbatuan-RayapanbatuankarenaglecierBANJIRLUMPUR(Solifluction)
MENGALIRCEPAT
ALIRANTANAHALIRANLUMPURLONGSOR/RUNTUHANSALJU(debrisavalanche)
LONGSOR
NENDATAN(slump)LONGSORAN(slide)JATUHAN(debrisfall)LONGSORBATUAN(rockslide)JATUHANBATUAN(rockfall)
RUNTUH
RUNTUH(subsidence)
Gambar2.5.BaganpengangkutanbahanBahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
8
Gambar2.6.FenomenalongsordiCililin,KabupatenBandung,JawaBarat.
c.Erosi
ErosiberasaldarikataLatinerodere,artinyamengerkahataumengampelas.Sepertiartiasalnya,erosiadalahprosespengerkahanataupengumpulanbahan-bahanterutamaolehair.Prosespelapukandapatmempercepatproseserosi.Orangawamsehari-harimengartikanerosisebagaipengrusakandanpengangkutanbahan-bahandaritanahpenutup.Dalamartigeologierosilebihtepatuntukdipakaisebagaiprosespengampelasanbaikbatuansegarmaupunlapukanatautanahpenutup.Definisierosicukupberagam,namundapatdisimpulkanbahwaerosimerupakanprosesdipermukaanbumiyangberlangsungsecaragradualyangdiakibatkanolehaktivitasair,angin,saljumaupunmediageologiklainnya(SCSA,1976,dalamEl-Swaifyet.al.,1982;Strahler&Strahler,1984;Field&Engel,2004).Arnoldus(1974,dalamEl-Swaifyet.al.,1982)mengusulkanklasifikasierosisecaraumummenjadierosigeologi(geologicalerosion)danerosiyangdipercepat(acceleratederosion).Erosigeologiterjadisecaraalami,umumnyaberlangsungdalamjutaantahundanseimbangdenganperubahan-perubahandialam.Erosiyangdipercepatdiakibatkanolehaktivitasmanusia,umumnyabersifatmengubahkondisialamisecaradrastis.Erosiyangdiakibatkanolehpengerjaanairdapatdibagimenjadibeberapatahapan,yaitu(VanZuidam,1983),yaituerosipercikan(splasherosion),erosilembaran(sheeterosion),erosialur(rillerosion),danerosiselokan(gullyerosion).Erosipercikandisebabkanolehenergiyangditimbulkanketikatetes-teteshujanjatuhkepermukaanbatuan/tanah.Besarnyamaterialyangtererosiakansetaradenganbesarnyaenergiyangdihasilkanolehpercikanairhujantersebut.Erosilembarandidefinisikansebagaiperpindahanserentakmaterialbatuan/tanahmembentuklapisantipismengikutiarahkemiringanlahan.Erosialurmerupakanbentukerosiyangpalingumum,terjadiketikamaterialbatuan/tanahdipindahkanolehairyangmenyisakanbentukalurdipermukaan.Erosiselokanmerupakanpengembanganlebihlanjutdaritahapanerosialur,berukuranlebihbesardibandingkanaluryangterbentukakibaterosialur.BahanPerkuliahanGeomorfologiUmum
AprizonPutraNim:89059
9
Gambar2.7.Ilustrasibentuk-bentukutamaerosiolehair,A.gullyerosiondanB.rillandinterrillerosion(El-Swaifyet.al.,1982)
2.2Agradasi
Agradasiyaitupenumpukanbahan-bahanyangterjadiolehkarenagayaangkutberhenti,misalkankarenalerengtempatberlangsungnyapengangkutantidaklagiberlanjutmelainkanberubahmenjadidatar.Makapadatempattersebutakanterjadipenumpukanbahandanpermukaantanahmenjadilebihtinggidibandingdenganpermukaanasal.
Gambar2.8.Bentuklahanerosionaldandeposisional(Strahler&Strahler,1984)
Contohyangpalingbaikdariagradasiadalahpengendapanaluviumdanendapanglacier.Endapanaluviumdapatdikenalbermacam-macampula,sebagaicontohendapantalus,kipasaluvium(aluvialfan)dankolovium(Gambar2.8dan2.9).
Gambar2.9.Profilidealkipasaluvial,menunjukkanlapisan-lapisanmudflow(aquicludes)berselingandenganlapisan-lapisanpasir(aquifers)(Strahler&Strahler,1984).
SIKLUSPERKEMBANGANSUNGAI